Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KINERJA DAN PELAYANAN PELABUHAN ASDP MERAK, CILEGON, BANTEN

FIRDAUS, SHAFIY (2021) KINERJA DAN PELAYANAN PELABUHAN ASDP MERAK, CILEGON, BANTEN. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
TA_Shafiy Firdaus_3336150056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstract_Shafiy Firdaus_3336150056.pdf

Download (502kB)

Abstract

Pelabuhan ASDP Merak yang terletak di Provinsi Banten memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan Provinsi Banten. Pelabuhan penyeberangan Merak – Bakauheni merupakan salah satu pelabuhan penyeberangan yang sangat padat. Pelabuhan Merak – Bakauheni menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera yang dipisahkan oleh Selat Sunda yang mempunyai jarak 25,75 km dan dapat ditempuh dengan 120 menit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penilaian penumpang tentang kinerja dan pelayanan Pelabuhan ASDP Merak. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik accidental sampling dengan menyebarkan 100 kuesioner berisi kinerja dan harapan para pengguna jasa Pelabuhan ASDP Merak untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa Pelabuhan ASDP Merak. Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa Pelabuhan ASDP Merak dilakukan dengan metode SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan di Pelabuhan ASDP Merak, maka dapat disimpulkan bahwa presepsi pengguna jasa Pelabuhan ASDP Merak kinerja pelayanan tersebut sudah mencapai 82% pada area reguler dan 86% pada area eksekutif dari nilai harapan pengguna jasa. Sementara itu nilai rata – rata kinerja area reguler yaitu pada angka 3,81 dan area eksekutif pada angka 4,10. Angka tersebut menunjukan kinerja pelayanan Pelabuhan ASDP Merak sudah baik menurut responden yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorPurnaditya, Ngakan PutuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan, Kinerja Pelayanan, Service Quality
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Sep 2024 16:58
Last Modified: 02 Sep 2024 16:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41570

Actions (login required)

View Item View Item