Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO PODCAST PADA MATERI MASA PENDUDUKAN JEPANG DI BANTEN TAHUN 1942 - 1945 KELAS XI SMAN 1 CURUGBITUNG

RIZKIKA PUTRI, RANI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO PODCAST PADA MATERI MASA PENDUDUKAN JEPANG DI BANTEN TAHUN 1942 - 1945 KELAS XI SMAN 1 CURUGBITUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
RANI RIZKIKA PUTRI_2288190040_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Abstract

This development research aims to identify issues related to the needs of history learning media about the Japanese Occupation in Banten from 1942 – 1945. The research is held in the class of XI IPS 1 at SMAN 1 Curugbitung with 29 student involves in the study. This learning media is developed using ADDIE model, which consist analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research evaluates the feasibility of the media through validation by media, material, and languange expert. The research assessed through limited product trials in a small group that consist of 8 students, large group that consist of 21 student, and teacher response. The validation result of material expert shows at 94,6%, media expert validation at 98,9%, and language expert at 97,3%, all categorized as “very feasible”. The small group trial resulted in 83,5%, large group trial in 88%, and teacher response at 96%, all categorized as “very practical”. Therefore, the audio podcast-based learning media is deemed suitable and practical for history education, offering flexibility, interactivity, and compatibility with various communication devices such as smartphone, tablet and laptop. However, the disadvantage of this media is it have a limitation access in the area with poor internet connections.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPERMANA PUTRA, ARIF198707292023211013
Thesis advisorMARYUNI, YUNI19810619201022003
Additional Information: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan seputar kebutuhan media pembelajaran sejarah materi masa pendudukan Jepang di Banten Tahun 1942 – 1945. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Curugbitung dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Pengembangan media pembelajaran ini disusun dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas analysis (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kelayakan media pembelajaran yang sudah dikembangkan, melalui validasi yang diukur oleh ahli media, ahli materi, dan juga ahli bahasa. Evaluasi untuk mengetahui seberapa praktis media tersebut digunakan ialah dengan melakukan uji coba produk secara terbatas di kelompok kecil yang terdiri atas 8 siswa, uji coba produk secara terbatas di kelompok besar yang terdiri atas 21 siswa, serta respon guru terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kelayakan menurut ahli materi sebesar 94,6%, ahli media sebesar 98,9%, dan ahli bahasa sebesar 97,3%. Semua hasil validasi dari ahli tersebut masuk kategori “Sangat Layak” digunakan. Hasil dari uji coba kelompok kecil yakni 83,5%, kelompok besar 88%, dan respon guru sebesar 96%. Semua persentase tersebut masuk dalam kategori “Sangat Praktis”, sehingga media pembelajaran berbasis audio podcast sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran sejarah. Media pembelajaran berbasis audio ini memiliki keunggulan yaitu fleksibel, dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, interaktif, serta dapat digunakan pada hampir semua alat komunikasi seperti smartphone, tablet, dan laptop. Sedangkan, kelemahan dari media ini yaitu tidak dapat digunakan di wilayah minim jaringan internet.
Uncontrolled Keywords: Learnig Media, History Podcast, Audio, Media Pembelajaran, Podcast Sejarah, Audio.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87201-Jurusan Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rani Rizkika Putri
Date Deposited: 05 Sep 2024 15:44
Last Modified: 05 Sep 2024 15:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41437

Actions (login required)

View Item View Item