Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA SIFAT MEKANIK COATING (PELAPISAN) TITANIUM NITRIDA (TiN) DAN TITANIUM ALUMUNIUM NITRIDA (TiAlN) PADA CARBON STEEL SKD11

KURNIADI, ARIFAN (2018) ANALISA SIFAT MEKANIK COATING (PELAPISAN) TITANIUM NITRIDA (TiN) DAN TITANIUM ALUMUNIUM NITRIDA (TiAlN) PADA CARBON STEEL SKD11. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi TA fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (65).pdf

Download (84kB)

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan industri manufaktur yang semakin pesat, perkembangan untuk pemilihan bahan dan material yang dikarenakan kebutuhan di pasaran yang semakin bercamam-macam menuntut para produsen menyesuaikan akan kebutuhan dengan produksi. Dalam peneitian ini bertujuan untuk mencari material yang terbaik berdasarkan pengujian secara mekanis meliputi uji kekerasan, uji laju korosi dan di sertai dengan hasil iju secara X-Ray Diffraction. Material dasar yang digunakan berupa Carbon Steel plate SKD11, SKD11 tersebut akan divariabelkan dengan tanpa pelapis, lapisan Titanium Nitrida (TiN) dan Titanium Alumunium Nitrida (TiAlN). Didapatkan bahwa nilai tertinggi dalam pengujian kekerasan adalah material SKD11 tanpa pelapis dengan rata-rata nilai adalah 48,825 HRC, dan didapatkan nilai tertinggi dalam pengujian laju korosi selama rentang waktu 120 jam laju korosi terendah adalah material SKD11 dengan pelapis Titanium Nitrida (TiN) yaitu 7,82 mpy. Dalam pengeujian secara X-Ray Diffraction didapatkan hasil terbaik adalah material SKD11 dengan pelapis Titanium Alumunium Nitrida (TiAlN) karena terlihat terlapisi secara baik dalam perbesara 100µm. Pengaruh metode pelapisan sangat berpengaruh terhadap hasil terhadap hasil pengujian secara mekanis untuk material yang dilapisi kemudian diuji.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaefulloh, ImanUNSPECIFIED
Thesis advisorWiyono, SlametUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SKD11, Uji Mekanis, Pelapisan, X-Ray Diffraction.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Aug 2024 11:23
Last Modified: 23 Aug 2024 11:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41292

Actions (login required)

View Item View Item