Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STUDI EKSPERIMENTAL SISTEM TRANSMISI UNTUK PENGEMBANGAN LOW-EMISION VEHICLES

NURHASAN, RIFKI (2024) STUDI EKSPERIMENTAL SISTEM TRANSMISI UNTUK PENGEMBANGAN LOW-EMISION VEHICLES. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_Ref..pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_Lamp..pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Nurhasan_3331190080_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah kendaraan pribadi di Indonesia. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik, antara tahun 2019 hingga 2021, jumlah kendaraan pribadi meningkat hampir 8,5 juta unit, dengan total kendaraan pribadi mencapai 136 juta pada tahun 2021. Tantangan utama yang akan dihadapi di masa depan adalah kebutuhan energi, terutama bahan bakar. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi di jalan, kebutuhan akan bahan bakar dan energi juga akan meningkat. Saat ini, sebagian besar bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan energi dan menggerakkan kendaraan pribadi berasal dari bahan bakar fosil, yang sifatnya tidak dapat diperbaharui. Jika bahan bakar fosil terus digunakan secara berlebihan, cadangannya akan habis. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah pengembangan kendaraan roda empat dengan teknologi Low Emission Vehicle (LEV) berbasis listrik. Dalam proses manufaktur yang diteliti kali ini, dilakukan penyesuaian pada sistem transmisi elektrik untuk mengetahui nilai horsepower, torsi, dan daya pada kendaraan LEV. Pengujian dilakukan dengan pembebanan sebesar 52,1 kg, 55,4 kg, 62,2 kg, 78,3 kg, dan 80,9 kg terhadap nilai torsi, horsepower, dan daya. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai tertinggi diperoleh pada pembebanan 52,1 kg, sementara nilai terendah pada pembebanan 80,9 kg. Selain itu, dari tiga kecepatan yang diuji, yaitu 15 km/h, 25 km/h, dan 35 km/h, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecepatan, semakin rendah nilai horsepower, torsi, dan daya yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorLISTIJORINI, ERNY197011022005012001
Thesis advisorPINEM, MEKRO PERMANA198902262015041002
Additional Information: Saat ini, terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah kendaraan pribadi di Indonesia. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik, antara tahun 2019 hingga 2021, jumlah kendaraan pribadi meningkat hampir 8,5 juta unit, dengan total kendaraan pribadi mencapai 136 juta pada tahun 2021. Tantangan utama yang akan dihadapi di masa depan adalah kebutuhan energi, terutama bahan bakar. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi di jalan, kebutuhan akan bahan bakar dan energi juga akan meningkat. Saat ini, sebagian besar bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan energi dan menggerakkan kendaraan pribadi berasal dari bahan bakar fosil, yang sifatnya tidak dapat diperbaharui. Jika bahan bakar fosil terus digunakan secara berlebihan, cadangannya akan habis. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah pengembangan kendaraan roda empat dengan teknologi Low Emission Vehicle (LEV) berbasis listrik. Dalam proses manufaktur yang diteliti kali ini, dilakukan penyesuaian pada sistem transmisi elektrik untuk mengetahui nilai horsepower, torsi, dan daya pada kendaraan LEV. Pengujian dilakukan dengan pembebanan sebesar 52,1 kg, 55,4 kg, 62,2 kg, 78,3 kg, dan 80,9 kg terhadap nilai torsi, horsepower, dan daya. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai tertinggi diperoleh pada pembebanan 52,1 kg, sementara nilai terendah pada pembebanan 80,9 kg. Selain itu, dari tiga kecepatan yang diuji, yaitu 15 km/h, 25 km/h, dan 35 km/h, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecepatan, semakin rendah nilai horsepower, torsi, dan daya yang dihasilkan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Rifki nurhasan
Date Deposited: 20 Aug 2024 15:16
Last Modified: 20 Aug 2024 15:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41172

Actions (login required)

View Item View Item