Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KONSUMEN DENGAN KEPUASAN PEMBELIAN PRODUK SATE BANDENG DI KECAMATAN SERANG KOTA SERANG PROVINSI BANTEN

Yuliana Suprihatin, Wildha (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KONSUMEN DENGAN KEPUASAN PEMBELIAN PRODUK SATE BANDENG DI KECAMATAN SERANG KOTA SERANG PROVINSI BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KONSUMEN DENGAN KEPUASAN PEMBELIAN PRODUK SATE BANDENG DI KECAMATAN S.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sate bandeng is one of the half-wet processed products whose storage power only lasted for approximately 3 days if placed at room temperature. Producers play a role to maintain the quality of sate bandeng product sold, then the producers do halal certification, PIRT number, and expired date. The aim of this research is to analyze the correlation between consumer knowledges and purchasing satisfaction of sate bandeng in Serang district Serang city Banten Province. The research conduct at district of Serang and using the survey method to collect data. Total samples are 87 consumers of sate bandeng. The respondent is taken by probability sampling method especially cluster technique. The analysis tools are used importance performance analysis (IPA) and product moment correlation. The result of this research obtains are consumer knowledges has high knowledge levels about 66,67% respondents. The consumer satisfication levels of sate bandeng in Serang district is very satisfying with the value of user satisfaction index approximately 82.93%. The correlation between consumer knowledges and consumer satisfication of sate bandeng in Serang district is around 0.135 with significance level (α) 5%. It means that the correlation of the two variables is very weak or has no correlation between it.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMulyati, SriUNSPECIFIED
Thesis advisorAliudin, AliudinUNSPECIFIED
Additional Information: Sate bandeng merupakan salah satu produk olahan semi basah yang daya simpannya hanya bertahan selama kurang lebih 3 hari jika ditempatkan di suhu ruang. Peran produsen untuk menjaga kualitas produk sate bandeng yang di jualnya, maka produsen melakukan sertifikasi halal, nomor PIRT, dan tanggal kadaluwarsa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa kuat hubungan antara pengetahuan konsumen dengan kepuasan pembelian produk sate bandeng bila didasarkan pada adanya label halal, nomor PIRT, dan tanggal kadaluwarsa. Penelitian ini dilakukan sejak bulan April hingga bulan Agustus 2017 di lima UKM sate bandeng yang ada di Kecamatan Serang. Metode penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan pendekatan probability sampling yaitu teknik cluster sampling. Pengukuran tingkat kepuasan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) sedangkan untuk mengukur hubungan pengetahuan konsumen dengan kepuasan pengguna menggunakan korelasi product moment, yang dapat dihitung menggunakan SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan konsumen produk sate bandeng di kecamatan serang dapat dikatakan tinggi. Dari 87 orang responden sebanyak 58 responden yang memiliki pengetahuan tinggi atau sebesar 66,67%. Tingkat kepuasan konsumen produk sate bandeng di kecamatan serang adalah sangat puas. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) yaitu sebesar 82,93%. Hubungan antar pengetahuan konsumen dengan kepuasan pembelian produk sate bandeng adalah sebesar 0,135 dengan taraf kepercayaan (α) 5%. Hal ini berarti hubungan kedua variabel sangat lemah atau dianggap tidak ada hubungan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:25
Last Modified: 29 Oct 2021 08:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item