Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KOSAKATA MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang Banten)

AZIZAH, RIFKIYANTI (2018) MENINGKATKAN KOSAKATA MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KOSAKATA MELALUI MEDIA GAMBAR.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This research aims to (1) find out how processes use of media images in A group of children a vocabulary boost in the OLD Al-Syaukah Pandeglang-Banten. (2) to determine whether the child's vocabulary can be enhanced through Group A media image in the OLD Al-Syaukah Pandeglang-Banten. The method used is the method of Research action (PT) researchers in collaboration with master class with 2 cycle action. The subject consists of 12 children consisting of 7 girls and 5 boys in the OLD Al-Syaukah Pandeglang Banten. Engineering data collection done by observation, field notes, interviews and documentation. Instruments used are observation sheet (Check list). Analytical techniques descriptive data are executed qualitative and quantitative. Success criteria of research if the calculation of the percentage reaches 75% of children experience increased vocabulary. Based on the results of research conducted at an early stage in the process of learning through the medium of an image by designing RPPH, prepare the media to be used, setting up a classroom for learning activities and customize the child, then implement the action cycle I of 8 times the action, and the cycle II consisting of 8 times the action (if it hit the target before 8 times the action research can be stopped), the evaluation is done by giving questions about the activities that have children do. The research results obtained in pre child vocabulary research is still very low with 28%, then in the cycle I have elevated into 45%, cycle II obtained the results of 78%. Thus, it can be concluded that media images can enhance children's vocabulary of Group A in the OLD AlSyaukah Pandeglang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsmawati, LulukUNSPECIFIED
Thesis advisorKusuma Wardhani, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses proses penggunaan media gambar dalam meningkatkan kosakata anak kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten. (2) Untuk mengetahui apakah kosakata anak kelompok A dapat ditingkatkan melalui media gambar di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten. Metode yang digunakan ialah metode Penelitian Tindakan (PT) peneliti bekerjasama dengan guru kelas dengan 2 siklus tindakan. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki di PAUD Al-Syaukah Pandeglang Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi (Chek list). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dari penelitian jika perhitungan presentase mencapai 75% anak mengalami peningkatan kosakata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahap awal dalam proses pembelajaran melalui media gambar dengan merancang RPPH, menyiapkan media yang akan digunakan, menyiapkan kelas untuk kegiatan pembelajaran dan mengkondisikan anak, kemudian melaksanakan tindakan siklus I yang terdiri dari 8 kali tindakan, dan siklus II yang terdiri dari 8 kali tindakan (jika sudah mencapai target sebelum 8 kali tindakan penelitian dapat dihentikan), evaluasi yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang kegiatan yang telah anak lakukan. Hasil penelitian yang diperoleh kosakata anak diketahui pada pra penelitian masih sangat rendah dengan 28%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 45%, pada siklus II diperoleh hasil 78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan kosakata anak kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:29
Last Modified: 29 Oct 2021 08:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item View Item