Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STUDI WAKTU DAN KUAT ARUS PROSES PELAPISAN BAJA ST-41 DENGAN ELEKTROPLATING NIKEL COBALT TERHADAP KETAHANAN KOROSI BAJA KARBON RENDAH

KURNIAWAN, DEDE (2018) STUDI WAKTU DAN KUAT ARUS PROSES PELAPISAN BAJA ST-41 DENGAN ELEKTROPLATING NIKEL COBALT TERHADAP KETAHANAN KOROSI BAJA KARBON RENDAH. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (59).pdf

Download (25kB)

Abstract

Penggunaan material baja dewasa ini sangat pesat, umumnya digunakan untuk mengatasi alat-alat permesinan. Peningkatan sifat-sifat fisis baja dapat dilakukan salah satunya dengan pelapisan menggunakan metode electroplating. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi waktu dan kuar arus proses pelapisan terhadap kekerasan dan laju korosi lapisan serta ketebalan lapisan nikel cobalt pada baja karbon rendah ST – 41. Dengan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran serta informasi pengaruh waktu proses pelapisan dengan kuat arus terhadap kekerasan dan laju korosi lapisan nikel cobalt pada baja karbon rendah. Dalam penelitian ini baja karbon rendah ST – 41 yang dilapisi dengan logam pelapis nikel cobalt dengan menggunakan metode electroplating dengan variasi waktu pelapisan 20, 40 dan 60 menit serta variasi kuat arus sebesar 2, 4 dan 6 ampere. Hasil dari peneelitian menunjukan bahwa kekerasan dan ketebalan lapisan baja karbon rendah setelah dilapisi NiCo pada penggunaan waktu 20, 40 dan 60 menit pada tegangan 20 volt dan arus 3 amper mengalami peningkatan pada setiap kenaikan waktu pengujian. Sedangkan untuk laju korosi mengalami penurunan pada setiap kenaikan waktu pengujian. Hasil yang sama juga di dapatkan pada variasi kuat arus sebesar 2, 4 dan 6 ampere yang menyebutkan bahwa semakin tinggi kuat arus listrik yang digunakan maka laju korosi yang didapatkan akan semakin rendah. Hasil uji juga menunjukan bahwa semakin tinggi kuat arus yang digunakan maka ketebalan lapisan dan kekerasan yang di dapatkan akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaefulloh, ImanUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSetiawan, IpickUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: electroplating , waktu pelapisan, kuat arus, kekerasan, ketebalan serta laju korosi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Aug 2024 10:27
Last Modified: 20 Aug 2024 10:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41152

Actions (login required)

View Item View Item