Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B1 di TK Permata Hati Pandeglang-Banten)

Restu Utami Fatmawati, Siti (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B1 di TK Permata Hati Pandeglang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

The research was motivated by the low motor skills of children of B1 group in Permata Hati Pandeglang-Banten kindergarten with the result of pre-action observation showed the percentage of 28%. Therefore, This research aims to: (1) know the process of applying traditional Indonesian games in improving motor skills of children of B1 group in Permata Hati Pandeglang-Banten kindergarten, and (2) to know the improvement of motor skills of children of B1 group in Permata Hati Pandeglang-Banten kindergarten amounted to 9 children. The method used in this research is the method of action research. designed in two cycles. In the first cycle of 8 actions and cycle II as much as 2 actions, with the criteria of success of the action of 60%. Data obtained from the observation, field notes, documentation and interviews are analyzed qualitatively and quantitatively. The results showed that: (1) the average motor skills of 9 children of B1 group in pre-action was 28%, then cycle I increased to 47% and at the end of cycle II increased to 67%; and (2) the Indonesian traditional games applied successfully improves rough motor skills. This indicates that the rough motor skills of the B1 group children in Permata Hati Pandeglang-Banten kindergarten have improved according to the criteria of the success of the action which has been determined after being given the action in the form of traditional Indonesian games. With this research that Indonesian traditional games can be liked chidren, in addition to staying alive in every region an can be passed down to the next generation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, CucuUNSPECIFIED
Thesis advisorSayekti, TryUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan motorik kasar anak kelompok B1 di TK Permata Hati Pandeglang-Banten dengan hasil observasi pra tindakan menunjukan persentase 28%. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses penerapan permainan tradisional Indonesia dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B1 di TK Permata Hati Pandeglang-Banten, dam (2) mengetahui peningkatan keterampilan motorik kasar anak kelompok B1 di TK Permata Hati Pandeglang-Banten, yang berjumlah 9 orang anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan. yang dirancang dalam dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 tindakan dan siklus II sebanyak 2 tindakan, dengan kriteria keberhasilan tindakan sebesar 60%. Data diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata keterampilan motorik kasar 9 anak kelompok B1 pada pra tindakan sebesar 28%, kemudian siklus I meningkat menjadi 47% dan pada akhir siklus II meningkat mencapai 67%; dan (2) permainan tradisional Indonesia yang diterapkan berhasil meningkatkan keterampilan motorik kasar. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan motorik kasar anak kelompok B1 di TK Permata Hati Pandeglang-Banten mengalami peningkatan sesuai kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan setelah diberikan tindakan berupa permainan tradisional Indonesia. Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar permainan tradisional Indonesia dapat diminati dan di senangi anak, selain itu agar tetap hidup di setiap daerah dan dapat diturunkan ke generasi selanjutnya.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:06
Last Modified: 29 Oct 2021 08:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item