Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMANFAATAN PATI TALAS BENENG (XANTOSHOMA UNDIPERS K. KOCH) SEBAGAI MATERIAL KEMASAN AKTIF MELALUI TEKNIK NANOPRESIPITASI

Revianto, Muhammad Hafidz and Kenvisyah, Zahran Hafiidh (2022) PEMANFAATAN PATI TALAS BENENG (XANTOSHOMA UNDIPERS K. KOCH) SEBAGAI MATERIAL KEMASAN AKTIF MELALUI TEKNIK NANOPRESIPITASI. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Penelitian_Muhammad Hafidz Revianto_Teknik Kimia.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak_Muhammad Hafidz Revianto_Teknik Kimia.pdf

Download (346kB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola makan sehat dan aman serta kepedulian terhadap lingkungan menyebabkan terbukanya peluang bagi penerapan teknologi pengemasan pangan, salah satunya adalah kemasan aktif dalam bentuk edible film dan edible coating. Pada saat ini mulai dikembangkan edible film dan edible coating yang terbuat dari bahan sintesis atau polimer. Hal ini dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, terdapat gagasan untuk memanfaatkan sumber bahan alami dari alam sebagai material kemasan aktif agar potensi bahaya untuk kesehatan tersebut dapat dihindari. Salah satu sumber bahan alami yang memiliki potensi sebagai material kemasan aktif adalah pati. Salah satu sumber pati yang belum banyak dikembangkan adalah pati dari talas beneng yang banyak sekali terdapat di daerah Pandeglang provinsi Banten. Talas beneng memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai sumber pati dalam aplikasi pengemasan bahan pangan karena memiliki kadar pati yang berkisar antara 70-80% dengan bentuk butiran kecil. Penelitian ini terbagi menjadi empat tahap, yaitu ekstraksi pati talas beneng metode basah, sintesis nanopartikel pati melalui teknik nanopresipitasi, modifikasi nanopartikel pati melalui teknik nanopresipitasi, dan proses karakterisasi. Berdasarkan tujuan penelitian, didapatkan hasil studi proses pembuatan material kemasan aktif dari pati talas beneng melalui teknik nanopresipitasi dengan hasil terbaik dilakukan dengan menambahkan minyak sereh dari 100% massa pati dan tween-80 dari 100% massa pati variasi konsentrasi NaCl 20%. Berdasarkan uji karakterisasi yang dilakukan didapatkan tekstur, warna, dan stabilitas pati talas beneng terbaik pada variasi konsentrasi NaCl 20%. Diameter nanopartikel pati dari analisis PSA adalah sebesar 372,2 nm, hasil ini telah sesuai dengan ukuran nanopartikel pati yang ditargetkan yaitu sebesar 300-400 nm. Sementara itu untuk nanopartikel pati termodifikasi hasil analisa menunjukkan ukuran diameter 637,2 nm. Melalui analisis UV-Vis didapatkan nilai absorbansi tertinggi pada panjang gelombang 293 nm. Morfologi nanopartikel pati termodifikasi terkonfirmasi melalui hasil analisis SEM, yang menunjukkan bentuk spherical dan distribusi sebaran partikel yang cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAgustina, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: edible film, kemasan aktif, pati
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Aug 2024 11:07
Last Modified: 19 Aug 2024 11:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41042

Actions (login required)

View Item View Item