Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS IKLAN SUATU PRODUK MINUMAN KOLAGEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Produk Minuman Merek Glamourish Collagen PT. Mettafood Karya Gemilang, Kota Tangerang)

SALWA, MUTIARA (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS IKLAN SUATU PRODUK MINUMAN KOLAGEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Produk Minuman Merek Glamourish Collagen PT. Mettafood Karya Gemilang, Kota Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Mutiara Salwa_1111200306_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Mutiara Salwa_1111200306_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Mutiara Salwa_1111200306_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Mutiara Salwa_1111200306_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Mutiara Salwa_1111200306_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Mutiara Salwa_1111200306_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Mutiara Salwa_1111200306_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Mutiara Salwa_1111200306_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)

Abstract

Legal protection for consumers regarding advertisements produced by business actors still seems to ignore the rights of consumers to obtain information regarding the truth about a product. Many business actors still include benefits/benefit claims that are not in accordance with applicable regulations and laws. The identification of the problem in this research is the form of responsibility of business actors for misleading beverage products and what sanctions can be imposed by BPOM on business actors if a processed food product usually includes excessive benefits claims. The theories used in this research are legal protection theory and responsibility theory. Legal protection theory relates to how the law can provide protection to consumers both through prevention and post-incident events and responsibility theory relates to how business actors, in this case PT. Mettafood Karya Gemilang provides feedback and accountability to consumers for one of its products, namely the Glamorish Collagen flavored powder drink. This research is empirical juridical research, namely research that focuses on facts in the field connected to statutory regulations, namely Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection and BPOM Regulations. The data source used is a primary data source. The research results obtained are that there is no responsibility given by business actors to consumers who suffer losses and BPOM can apply administrative sanctions in the form of revoking permits to business actors who display labels/advertisements that do not comply with BPOM regulation Number 31 of 2008.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFAUZIAH, FARIDATUL195907281985032002
Thesis advisorSYAHRUL MUCHAROM, RULLY198102252008121002
Additional Information: Perlindungan hukum terhadap konsumen atas iklan yang diproduksi oleh pelaku usaha nampaknya masih banyak yang mengabaikan hak-hak konsumen untuk mendapatkan informasi terhadap kebenaran dalam suatu produk tersebut. Banyak sekali pelaku usaha yang masih mencantumkan khasiat/klaim manfaat yang tidak sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku. Identifikasi masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk tanggung jawab dari pelaku usaha atas produk minuman yang menyesatkan dan bagaimana sanksi yang dapat dikenakan oleh BPOM kepada pelaku usaha bila suatu produk pangan olahan biasa mencantumkan klaim manfaat yang berlebihan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perlindungan hukum dan teori tanggung jawab. Teori perlindungan hukum berkaitan dengan bagaimana hukum dapat memberikan perlindungan kepada konsumen baik melalui pencegahan hingga pasca kejadian dan teori tanggung jawab berkaitan dengan bagaimana pelaku usaha dalam hal ini PT. Mettafood Karya Gemilang memberikan tanggapan serta pertanggungjawabannya kepada konsumen atas salah satu produknya yaitu minuman serbuk berperisa Glamourish Collagen. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, yaitu penelitian yang menitikberatkan pada fakta di lapangan dihubungkan dengan peraturan perundang-undangan yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta Peraturan BPOM. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu belum adanya tanggung jawab yang diberikan oleh pelaku usaha kepada konsumen yang dirugikan dan BPOM dapat menerapkan sanksi administratif berupa pencabutan izin kepada pelaku usaha yang mencantumkan label/iklan yang tidak sesuai dengan peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2008.
Uncontrolled Keywords: Legal Protection, Processed Food Products, Advertising Perlindungan Hukum, Produk Pangan Olahan, Iklan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Nn Mutiara Salwa
Date Deposited: 04 Sep 2024 09:01
Last Modified: 04 Sep 2024 09:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40919

Actions (login required)

View Item View Item