Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

APLIKASI ELECTRICAL CAPACITANCE VOLUME TOMOGRAPHY (ECVT) : MONITORING PROSES FLOTASI KOLOM BIJIH SFALERIT DENGAN VARIASI PERSEN SOLID DAN LAJU ALIR UDARA

Rifaldi, Setyawan Dwi (2018) APLIKASI ELECTRICAL CAPACITANCE VOLUME TOMOGRAPHY (ECVT) : MONITORING PROSES FLOTASI KOLOM BIJIH SFALERIT DENGAN VARIASI PERSEN SOLID DAN LAJU ALIR UDARA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Full Draft Acc. [PDF].pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
Lembar i - v [PDF].pdf

Download (637kB)

Abstract

Monitoring proses flotasi kolom umumnya menggunakan machine vision, namun kekurangan sistem ini hanya dapat memindai pada permukaan sel flotasi. Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) hadir sebagai alternatif teknologi pemindaian secara 3D dan real time, sehingga dinamika yang terjadi selama proses flotasi dapat teramati dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel persen solid dan laju alir udara serta kesesuaian citra hasil monitoring terhadap recovery. Penelitian ini dilakukan menggunakan sel flotasi kolom berdiameter 5 cm dengan tinggi 150 cm dilengkapi dengan sparger berdiameter 4 cm. Variabel percobaan meliputi 7,5; 10; 12,5; 15% solid dan laju alir udara 2; 2,5; 3; 3,5; 4 L/menit. Reagen yang digunakan antara lain Dowfroth 1012 30 ppm, Potassium Amyl Xanthate (PAX) 500 g/ton, tembaga sulfat (CuSO4) 500 g/ton, dan soda abu (Na2CO3) 500 g/ton. Monitoring dilakukan selama 10 menit proses flotasi berlangsung menggunakan sensor ECVT 32 channel dengan konfigurasi 2x4 channel. Hasil yang diperoleh dari percobaan yaitu nilai recovery, permitivitas realtif (εR) serta citra 3D hasil monitoring. Hasil percobaan menunjukkan bahwa recovery pada variasi persen solid dan laju alir meningkat sampai pada kondisi tertentu dan kemudian mengalami fluktuasi akibat fenomena bubble overloading dan transisi aliran. Citra 3D untuk tiap variabel dilihat dari perubahan bentuk dan kontras warna yang terjadi. Kontras warna citra yang kemerahan menunjukkan terjadinya proses pemisahan dengan konsentrasi padatan (bijih) yang dominan dengan nilai Cn 0,87.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOediyani, SoesaptriUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, DidiedUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ECVT, Kapasitansi normalisasi, Laju alir udara, Recovery, Persen solid.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Aug 2024 12:05
Last Modified: 16 Aug 2024 12:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40877

Actions (login required)

View Item View Item