Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

INVESTIGASI PERUBAHAN SIFAT MEKANIK KOMPOSIT Al/SiC DENGAN VARIASI TEMPERATUR PREHEATING PADA HASIL PROSES MULTIAXIAL FORGING (MAF)

Yolanda, Aditha (2018) INVESTIGASI PERUBAHAN SIFAT MEKANIK KOMPOSIT Al/SiC DENGAN VARIASI TEMPERATUR PREHEATING PADA HASIL PROSES MULTIAXIAL FORGING (MAF). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Full Draft - Aditha Yolanda (3334130321).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak (54).pdf

Download (7kB)

Abstract

Aluminium merupakan salah satu material yang digunakan untuk otomotif mobil. Hampir 90% scrap aluminium dari otomotif mobil bisa didaur ulang. Sifat yang dimiliki aluminium yaitu ringan dan memiliki keuletan yang tinggi. Penambahan komposit (SiC) pada multiaxial forging (MAF) merupakan salah satu proses SPD yang baru dikembangkan. Penambahan SiC berperan sebagai penguat untuk meningkatkan kekerasan lebih besar daripada MAF tanpa penambahan komposit. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perubahan struktur mikro karena partikel SiC terdispersi sehingga mempermudah penyebaran butir dan butir lebih seragam karena pergerakan dislokasi yang meningkat dan perubahan sifat mekanik setelah proses MAF. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan memvariasikan fraksi SiC dan temperatur preheating. Aluminium AA 1100 berbentuk pelat ditambahkan fraksi SiC dengan variasi 0,2 % wt, 0,4 % wt dan 0,6 % wt sedangkan untuk variasi temperatur pre heating 350ºC, 450ºC dan 550ºC kemudian dilakukan proses MAF dengan setiap perubahan pass berputar 90º proses MAF dilakukan sebanyak 5 pass. Setelah itu dilakukan pengujian metalografi (mikroskop optik dan scaning electron microscopes), pengujin microhardness dan pengujian tarik. Hasil yang didapatkan dari penelitian aluminium AA 1100 dengan penambahan komposit SiC pada pengamatan struktur mikro terjadi perubahan bentuk batas butir dari equaxial menjadi lamellar, terbentuk interface bonding disetiap temperatur dan hasil uji tarik serta uji microhardness terjadi peningkatan seiring dengan penambahan fraksi SiC pada temperatur 350ºC sedangkan untuk temperatur 450ºC dan 550ºC terjadi penurunan nilai kekerasan, nilai kekuatan tarik pada Al/SiC.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPramono, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorAlhamidi, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aluminium AA 1100, komposit SiC, preheating, multiaxial forging¸ ultrafine grained, sifat mekanik.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Aug 2024 12:05
Last Modified: 16 Aug 2024 12:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40874

Actions (login required)

View Item View Item