LUBIS, PEBRIANI (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
The purpose of this study to improve the ability to speak 4-5 years of age children in kindergarten IT Al-Muqorrobin Cilegon-Banten can be said is still low. This can be seen when the teacher asks the child to come forward to tell the child's experience, the child has not been able to tell in detail and how the child is still shy presentation. The research method used is action research (PT), action designed in recurring cycle, in this research consist of two cycles. In cycle I 8 action and cycle II as many as 4 actions. The subjects of this study were children of group A in IT Kindergarten AlMuqorrobin Cilegon-Banten, which amounted to 15 children. the design of action interventions / design of this research cycle includes the stages: a) planning, b) action and observation, c) rafleksi. Data collection techniques through observation, field notes, interviews and documentation notes. Data analysis was obtained from the comparison between the children's speaking ability before and after the action. Results obtained from pre-study that is 31% then after carrying out the action cycle I show percentage improvement of speech ability equal to 59%, then result obtained after carrying out action in cycle II show presentation of speech improvement ability equal to 74%. Thus the ability to speak the child increases and is at the stage of developing good. So it can be concluded that talking through the media puppet hand can improve the ability to speak a group A children in kindergarten IT AlMuqorrobin Cilegon-Banten.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK IT Al-Muqorrobin Cilegon-Banten dapat dikatakan masih rendah. Hal ini bisa dilihat pada saat guru meminta anak maju untuk menceritakan pengalaman anak, anak belum mampu menceritakan secara rinci dan cara penyajian anak yang masih malu-malu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (PT), tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I 8 tindakan dan siklus II sebanyak 4 tindakan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK IT Al-Muqorrobin Cilegon-Banten, yang berjumlah 15 anak . desain interfensi tindakan/rancangan siklus penelitian ini meliputi tahap-tahap: a) perencanaan, b) tindakan dan pengamatan, c) rafleksi. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil yang diperoleh dari pra penelitian yaitu 31% kemudian setelah melaksanakan tindakan siklus I menunjukkan presentase peningkatan kemampuan berbicara sebesar 59%, selanjutnya hasil yang diperoleh setelah melaksanakan tindakan pada siklus II menunjukkan presentasi peningkatan kemampuanberbicara sebesar 74%. Dengan demikian kemampuan berbicara anak meningkat dan berada pada taraf berkembang sangan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa berbicara melalui media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK IT AlMuqorrobin Cilegon-Banten. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2021 05:50 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2021 05:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4084 |
Actions (login required)
View Item |