Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA (Penelitian Tindakan di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten)

Qurotul Aeni, Anisa (2018) MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA (Penelitian Tindakan di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA (Penelitian Tindakan di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten).PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

A kinesthetic intelligence is the ability to combine between physical and mind so as to produce a perfect.If motion perfect caused by a combination of mind and the physical trained well, whatever done men will be success well. The intelligence a kinesthetic group B Merpati in TK Kemala Bhayangkari 01 City Serang-Banten is low, this is due to lack of stimulation and activities interesting that can support the unfolding of intelligence a kinesthetic children so that they could be optimized.The purpose of this research to know the process of gymnastics rhythm and intelligence a kinesthetic to increase in the B Merpati through the gymnastics rhythm in TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten City. Methods used in research is the methodology action. Actions designed giveth the returning , in this research consisting of two cycle. On the cycle I as much as 8 action and cycle II about 4 times action, on success accomplishing 60 %. Subject to the research is in TK Kemala Bhayangkari 01 serang-banten city of 19 the consisting of 11 the boys and 9 girls. Every cycle consisting of 3 first is planning, action and observation, reflection. Engineering pegumpulan data over observation, field notes, notes interviews and documentation. An analysis of data using reduction data, presentation of data and conclusions. The initial phase of the process i have done in the gymnastic rhythm with designing rpph, prepared a medium that will be used, set conditioned class children. On core activities , children are beginning to do the gymnastic activities rhythm. In the end of the activity that the discussion about teachers are doing gymnastic activities that have been conducted by rhythm and formulate conclusions. Based on the results of research results showed that a son through gymnastic activities a kinesthetic intelligence rhythm known on initial conditions 27 % then in cycle i has increased to 42 % and in the cycle ii has experienced significant increases reached 81 % .Based on the results of the data collected , it can be concluded that by using gymnastic activities a kinesthetic children rhythm intelligence group B Merpati TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten city increases good.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriena Permanasari, AlisUNSPECIFIED
Thesis advisorKhosiah, SitiUNSPECIFIED
Additional Information: Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan untuk menggabungkan antara fisik dan pikiran sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna. Jika gerak sempurna yang bersumber dari gabungan antara pikiran dan fisik tersebut terlatih dengan baik, apapun yang dikerjakan orang tersebut akan berhasil dengan baik. Kecerdasan Kinestetik anak kelompok B Merpati di TK Kemala Bhayangkari 01 Kota SerangBanten masih rendah, hal ini disebabkan kurangnya stimulasi, dan kegiatan yang menarik yang dapat mendukung perkembangan kecerdasan kinestetik anak agar dapat berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses kegiatan senam irama dan peningkatkan kecerdasan kinestetik pada kelompok B Merpati melalui kegiatan senam irama di TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Serang- Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan. Tindakan yang dirancang dalam siklus yang berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 tindakan dan siklus II sebanyak 4 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan mencapai 60%. Subjek pada penelitian ini adalah di TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Serang-Banten dengan jumlah 19 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Disetiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pegumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Tahapan awal yang dilakukan dalam proses kegiatan senam irama dengan merancang RPPH, menyiapkan media yang akan digunakan, menyeting kelas mengkondisikan anak. Pada kegiatan inti, anak mulai melakukan kegiatan senam irama. Pada akhir kegiatan guru melakukan diskusi tentang kegiatan senam irama yang telah dilaksanakan serta merumuskan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan senam irama diketahui pada kondisi awal 27%kemudian pada siklus I meningkat menjadi 42% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 81%. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kegiatan senam irama kecerdasan kinestetik anak kelompok B Merpati TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Serang-Banten meningkat sangat baik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 05:31
Last Modified: 29 Oct 2021 05:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4081

Actions (login required)

View Item View Item