Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pembuatan Kaca Konduktif Flourine Tin Oxide (FTO) menggunakan Prekursor Timah (IV) Klorida, Lokal Indonesia

Fahmi, Gennady (2018) Pembuatan Kaca Konduktif Flourine Tin Oxide (FTO) menggunakan Prekursor Timah (IV) Klorida, Lokal Indonesia. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
gennady fahmi 334140369 fulldraft.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (51).pdf

Download (175kB)

Abstract

Transparent Conductive Oxide (TCO) merupakan konduktor transparan yang berada di bagian terluar dari Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). TCO yang dibuat dalam percobaan ini berjenis Flourine Tin Oxide (FTO) dengan prekursor SnCl4 dari PT.TIMAH Industri, Cilegon dan NH4F sebagai dopan. Subtrat yang digunakan adalah kaca soda lime mikroskop. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan kaca konduktif FTO dengan spesifikasi yang hampir sama dengan kaca konduktif komersil ITO, yaitu memiliki nilai resistivitas 10 Ω.cm, (resistansi <100Ω) dan nilai transmitansi mencapai 80-85%. Variabel proses yang digunakan pada penelitian ini meliputi metode deposisi meliputi (spray pyrolisis nebulizer) dan (spin coating) serta waktu deposisi. Karakterisasi yang digunakan pada sampel kaca konduktif FTO meliputi UltraViolet Visual (UV-VIS) Spectrometry, Scanning -4 Electron Micoscope-Energy Dispersive Spectroscopy (SEM-EDS), Four Point Probe, Xray Diffraction (XRD), dan Multimeter. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin lama waktu deposisi, nilai resistansi berkurang, ketebalan meningkat, energy bandgap meningkat. Kondisi optimum didapatkan untuk preparasi FTO dengan teknik spray pirolisis adalah waktu deposisi 20 menit pada temperatur 300 Ω, ketebalan lapisan 48,31 µm, % tranmitansi 88%, dan energi bandgap 3,34 eV. Pada kondisi lain, hasil terbaik menggunakan teknik spin coating ditunjukan pada waktu deposisi 4 menit dengan nilai resistansi 124,5 kΩ, % transmitansi 30% dan energi bandgap 2,48 eV. Metode paling efektif untuk pembuatan lapisan tipis FTO pada penelitian ini adalah metode spray pirolisis karena spesifikasi yang dihasilkan mendekati kriteria kaca konduktif komersial ITO.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYustanti, ErlinaUNSPECIFIED
Thesis advisorLalasari, Latifa HanumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Flourine Tin Oxide, Transparent Conductive Oxide, Spray Pirolisis, Spin Coating, Waktu Deposisi, Ultrasonic Nebulizer, Resistansi, Energy Band Gap, Absorbansi dan Transmitansi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Aug 2024 09:08
Last Modified: 15 Aug 2024 09:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40807

Actions (login required)

View Item View Item