Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN STRATEGI MEANS-ENDS ANALYSIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA (Studi Kuasi Eksperimen pada kelas XIPA Semester I di SMA Negeri 11 Tangerang Tahun Ajaran 2013/2114)

Wahyuni, Dian (2014) PENERAPAN STRATEGI MEANS-ENDS ANALYSIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA (Studi Kuasi Eksperimen pada kelas XIPA Semester I di SMA Negeri 11 Tangerang Tahun Ajaran 2013/2114). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Penerapan strategi means-end analysis melalui pendekatan matematik realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dian Wahyuni. Penerapan Strategi Means-Ends Analysis Melalui Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA (Studi Eksperimen di SMA Negeri 11 Tangerang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terutama berkaitan dengan masalah matematis dalam kehidupan sehari-hari. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengonstruksi model matematika dan strategi penyelesaian pemecahan masalah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan strategi Means-Ends Analysis melalui pendekatan matemat ika realist ik. Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan strategi Means-Ends Analysis melalui pendekatan matematika realistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 11 Tangerang tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih dua kelas dengan teknik cluster random sampling, didapat satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Instrumen yang digunakan dalam penelit ian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan strategi Means-Ends Analysis melalui pendekatan matemat ika realist ik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. (2) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan strategi Means-Ends Analysis melalu i pendekatan matematika realistik berkategori kuat. Kata Kunci: Strategi Means-Ends Analysis, Pendekatan Matematika Realistik, Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAnriani, Nurul198201192006042003
Thesis advisorJaenudin, Jaenudin197901072009121003
Uncontrolled Keywords: Strategi Means-Ends Analysis, Pendekatan Matematika Realistik, Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:35
Last Modified: 29 Oct 2021 04:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4075

Actions (login required)

View Item View Item