Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA SMA PRAMITA

SUMARWANTO, WISNU (2014) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA SMA PRAMITA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Penerapan strategi active knowledge sharing menggunakan artikel ilmiah untuk mengukur kemampuan metakognitif siswa sma pramita.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT This research aimed to determine the effect metacognitive ability of used active knowledge sharing strategy through scientific article in environment contamination concept and to describe metacognitive phase to students. The research method used was a quasi-experiment with randomized design. This research was conducted in Pramita senior high school of academic year 2013/2014. Technique sampling used was simple random sampling. Data were collected from MAI (metacognitive awareness inventory). Analysis of data MAI obtained average score of control class is 33,97 and experiment class is 65,36. Analysis of hypothesis using U – Mann Whitney in the signification α=0,05 and obtained score signification is 0,000< 0,05, can be concluded that the used of active knowledge sharing strategy through scientific article positively influenced to student metacognitive skill in environment contamination concept. The analysis to observation result showed of criteria the student was interest used of active knowledge sharing strategy with average score 81,32 % Keyword : Active Knowledge Sharing strategy, MAI (metacognitive awareness inventory) questionnaire, metakognitive skill,

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
UNSPECIFIEDSyachruroji, A197908162005011006
UNSPECIFIEDMaryani, Nani198307292008122001
Additional Information: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognitif menggunakan strategi active knowledge sharing melalui artikel ilmiah pada konsep pencemaran lingkungan dan mendeskripsikan bagaimana tingkat metakognitif siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PRAMITA Tangerang tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah acak sederhana. Pengambilan data penelitian menggunakan angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory). Hasil analisis data angket yang diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 33,97 dan kelas eksperimen 65,36. Analisis uji hipotesis menggunakan uji U Mann Whittney pada taraf signifikasi α = 0,05 dan diperoleh 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi active knowledge sharing melalui artikel ilmiah berpengaruh positif terhadap kemampuan metakognitif siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Sedangkan analisis hasil keterlaksanaan menunjukan kriteria siswa berminat menggunakan strategi active knowledge sharing dengan persentase nilai rata – rata 81,32 %. Kata kunci: Angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory), Kemampuan Metakognitif, Strategi active knowledge sharing,
Uncontrolled Keywords: Angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory), Kemampuan Metakognitif, Strategi active knowledge sharing, Active Knowledge Sharing strategy, MAI (metacognitive awareness inventory) questionnaire, metakognitive skill,
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:32
Last Modified: 29 Oct 2021 04:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item