Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS PERTANIAN

ASMAL, LATIFATUL (2017) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS PERTANIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS PERTANIAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Waras Farm Agroutorism is one of agricultural business which utilize agricultural area (agriculture, plantation, fishery, and horticulture) and arranged regularly into a tourist area in Cikerai area of Cilegon City with emphasis on selling services to consumers. The purpose of this research is to identify internal and external corporate environmental factors, formulate alternative strategies and prioritize strategies to develop the business. The method used in this research is descriptive quantitative. The analysis used in this study are internal and external factors, IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix and QSPM matrix. Based on the SWOT matrix, there are six alternative strategies that can be applied in agro-tourism of Waras Farm, which are two S-O strategies, two W-O strategies, one S-T strategy, and one W-T strategy. The result of the IE matrix shows the agro-tourism of Waras Farm located in the quadrant area V (hold and maintain) with the efforts of market penetration strategy and product development. Based on QSPM matrix analysis, the strategic priority for agro-tourism development of Waras Farm is the strategy of adding food and other facilities, so it can receive more consumer orders and develop new innovative tourism concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherna, SuhernaUNSPECIFIED
Thesis advisorSulaeni, SulaeniUNSPECIFIED
Additional Information: Agrowisata merupakan salah satu usaha bisnis dibidang pertanian yang memanfaatkan kawasan pertanian (pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan holtikultura) dan ditata secara teratur menjadi sebuah kawasan wisata dengan menekankan pada penjualan jasa kepada konsumen. Bentuk jasa tersebut dapat berupa keindahan, ketentraman, dan pendidikan. Pengembangan usaha agrowisata membutuhkan manajemen yang prima diantara sub sistem, yaitu diantara ketersediaan sarana dan prasarana wisata, objek yang dijual, promosi dan pelayanannya. Salah satunya adalah Agrowisata Waras Farm yang didirikan pada tahun 2010 dan berada di Cikerai Kota Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal serta faktor eksternal yang berpengaruh terhadap agrowisata Waras Farm serta merumuskan dan menganalisis berbagai alternatif strategi yang tepat dan strategi yang diprioritaskan sesuai dengan kondisi agrowisata Waras Farm. Analisis data yang dilakukan mencakup (1) analisis faktor internal dan faktor eksternal agrowisata yang akan dimasukkan ke dalam matriks IFE dan matriks EFE, (2) posisi agrowisata diperoleh dari matriks IE, (3) alternatif strategi yang sesuai dengan keadaan internal dan keadaan eksternal agrowisata diperoleh dari matriks SWOT dan (4) alternatif strategi yang menjadi prioritas agrowisata diperoleh dari analisis QSPM. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu Agrowisata Waras Farm. Penentuan responden dalam penelitian ini secara sengaja, responden yang digunakan adalah responden pemilik dan tenaga kerja serta responden eksternal yaitu wisatawan yang berkunjung ke agrowisata Waras Farm. Hasil penelitian dapat diketahui kekuatan utama bagi agrowisata Waras Farm adalah faktor memiliki panorama alam pegunungan waringin kurung yang indah dengan skor 0,3481 dan kelemahan utama adalah faktor potensi wisata alam dan lokasi wisata yang ada belum dioptimalkan secara maksimal dengan skor 0,774. Peluang utama adalah faktor jumlah wisatawan yang terus bertambah terutama pada saat-saat libur atau long weekend dengan skor 0,3936 sedangkan ancaman utama adalah faktor konsumen memiliki keleluasan untuk mencari dan berkunjung ke objek wisata lain dengan skor 0.1371. Hasil matriks IE menunjukkan bahwa agrowisata Waras Farm berada pada sel V yaitu daerah hold and maintain atau pelihara dan pertahankan dan strategi yang umum dilakukan pada sel ini adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT diperoleh enam alternatif strategi yaitu menambah fasilitas saung makan dan fasilitas lainnya sehingga dapat menerima pesanan konsumen lebih banyak lagi dan melakukan pengembangan konsep wisata baru yang lebih inovatif (SO1), melakukan kerja sama dengan pemerintah dan warga setempat di sekitar lokasi usaha untuk menjaga dan memelihara infrastruktur jalan serta menjaga kebersihan daerah sekitar agrowisata Waras Farm agar memudahkan konsumen yang akan berkunjung ke agrowisata Waras Farm (SO2), melakukan promosi lebih aktif dan gencar melalui media elektronik, cetak maupun sosial serta membuat promosi dengan paket-paket yang variative (WO1), menerapkan perkembangan dan penggunaan teknologi dalam setiap sistem kerja serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia agar dapat mengoptimalkan potensi yang ada secara maksimal (WO2), meningkatkan mutu pelayanan jasa dan kualitas dari fasilitas wisata yang ada dengan ciri khas tersendiri sehingga konsumen merasa puas dengan pelayanan dan fasilitas yang ada (ST1), melakukan kerjasama dengan tempat-tempat wisata lain disekitar Cikerai dan Cilegon agar dapat membuat paket wisata yang berbeda ataupun melakukan paket wisata bersama (ST1). Berdasarkan hasil matriks QSPM diperoleh strategi yang diprioritaskan yaitu menambah fasilitas saung makan dan fasilitas lainnya, sehingga dapat menerima pesanan konsumen lebih banyak lagi dan melakukan pengembangan konsep wisata baru yang lebih inovatif dengan total nilai daya tarik sebesar 5,2084.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:02
Last Modified: 29 Oct 2021 04:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4068

Actions (login required)

View Item View Item