Rikaz, Firdha (2017) ANALISIS SALURAN PEMASARAN JAMUR TIRAM+. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
ANALISIS SALURAN PEMASARAN JAMUR TIRAM.PDF Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
FIRDHA RIKAZ,2017.Analysis Of Marketing Channel Oyster Mushrooms (Pleurotus ostreatus) Guided by: H. SUHERMAN and H. GUGUN GUNAWAN. This research aims to (1) analyzing channel marketing Oyster Mushrooms, (2) analyzing margins and the cost of each marketing channel Oyster Mushrooms, (3) analyzing the benefits and the farmer's share of the respective marketing channels, (4) analyzing the most efficient marketing channel in the marketing of Oyster Mushrooms using survey research methods, research areas specified in the purposive In PKBM Nubalarea Village of Sumur Bandung Cikulur Regency of Lebak. Document data retrieval done by interviews, observations, questionnaires and research needs. The documents used in this research is primary documents and secondary. Research shows there are two marketing channels Oyster Mushrooms: channel I: Manufacturer – retailer – consumer merchants. Channel II: manufacturer – traders collecting – wholesalers – retailers – consumers. The margin on the channel I amounting to Rp 1,500.-/kg and the margin on channel II Rp. 7,996-/kg. Total cost on channel I Rp. 700-/kg and on channel II Rp. 4500- /kgKeuntungan of marketing channels I Rp. 800/kg and profit on channel II Rp. 6000/kg. Farmer's share on channel I 89.28% and channel II50%. The channel's most technically efficiency is channel I has value because most smaller technical efficiency of 14.8 and channel the most economically efficiency i.e. channels I because it has the greatest economic efficiency value 5.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menganalisis saluran pemasaran jamur tiram, menganalisis margin dan biaya dari masing-masing saluran pemasaran jamur tiram, menganalisis keuntungan dan Farmer’s share dari masing-masing saluran pemasaran, menganalisa saluran pemasaran yang paling efisien dalam pemasaran jamur tiram. Metode penelitian menggunakan metode survey, daerah penelitian ditentukan secara purposive yaitu di Desa Sumur Bandung Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak karena menurut data di BPS merupakan daerah penghasil jamur tiram terbesar di Kabupaten Lebak. Metode pengambilan data dilakukan dengan obervasi, wawancara, dan kuesioner sesuai dengankebutuhan penelitian. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Desa Sumur Bandung memiliki luas wilayah 8,28 km2. Lahan yang digunakan untuk lahan pekarangan 379 Ha. Penduduk Desa Sumur Bandung berjumlah 6.238 jiwa yang terdiri dari 3.159 laki-laki dan 3.079 perempuan. Responden yang diambil sebanyak 40 orang yang terdiri dari 1 rodusen, 2 pedagang pengumpul, 3 pedagang besar, dan 34 pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran jamur tiram yaitu : saluran I : Produsen – pedagang pengecer – konsumen. Saluran II : Produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen.Margin pada saluran I sebesar Rp. 1.500-/kg dan margin pada saluran II yaitu sebesar Rp. 10.600-/kg. Total biaya pada saluran I yaitu sebesar Rp. 700-/kg dan pada saluran II yaitu sebesar Rp. 4.500-/kgKeuntungan dari saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp.800/kg dan keuntungan pada saluran II yaitu Rp.6000/kg. Farmer’s share pada saluran I yaitu sebesar 89,28% dan pada saluran II yaitu sebesar 50%.Saluran yang paling efisiensi secara teknis yaitu saluran I karena memiliki nilai efisiensi teknis paling kecil yaitu sebesar 14,8 dan saluran yang paling efisiensi secara ekonomis yaitu saluran I karena memiliki nilai efisiensi ekonomis paling besar yaitu sebesar 5. | |||||||||
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) | |||||||||
Divisions: | 04-Fakultas Pertanian 04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2021 03:59 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:59 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4067 |
Actions (login required)
View Item |