NURHANIFAH, NOVA (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI MIND MAP (PETA PIKIRAN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP (Kuasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text
Penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi mind map terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa sma.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK NOVA NURHANIFAH.Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Mind Map (Peta Pikiran) Terhadap Peningkatan kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP.Skripsi. Serang: Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2013. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematik siswa SMP.Kemampuan pemahaman konsep matematik adalah kamampuan siswa untuk dapat benar-benar mengerti, dapat berpendapat, dapat menjelaskan, mendefinisikan serta mengelompokkan suatu objek yang merupakan kumpulan dari fakta-fakta matematika.Hasil studi pendahuluan di lapangan diperoleh informasi bahwa pemahaman konsep matematik siswa SMP masih rendah.Adapun upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan strategi mind map. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematik dan untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik antara siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan strategi mind map dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi mind map pada kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakn di SMP Negeri 6 Kota Serang pada kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2013-2014, dengan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematik siswa kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematik kelas kontrol.Peningkatan kemampuan pemahamn konsep matematik siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Siswa menunjukkan sikap positif terhadap penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi mind map dalam kegiatan pembelajaran dengan kategori angket yang tergolong kuat. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Strategi Mind Map, Kemampuan pemahaman Konsep Matematik
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, Strategi Mind Map, Kemampuan pemahaman Konsep Matematik | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2021 03:50 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |