ALFIANITA, ANISA (2014) PENERAPAN MODEL QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SOFT SKILL SISWA SMP (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Penerapan model quick on the draw untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan soft skill siswa smp.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK ANISA ALFIANITA. Penerapan Model Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis dan Soft Skill Siswa SMP.Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2013. Serang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan soft skill yang dimiliki siswa menyebabkan siswa kurang menguasai pokok bahasan matematika khususnya mempelajari relasi fungsi serta pembelajaran yang hanya berfokus dalam mengukur kemampuan kognitif. Pemahaman konsep merupakan hal dasar dalam menyelesaikan masalah matematika dan kemampuan afektif bertujuan untuk menyeimbangkan kemampuan kognitif. Pembelajaran yang dimulai dari tahap dengan pembelajaran biasa, kemudian ketahap permainan yang diperlukan siswa untuk mengasah kemampuan pemahaman konsep matematis dan soft skill siswa dalam pembelajaran matematika.Sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan soft skill siswa dengan model permainan adalah menggunakan model pembelajaran quick on the draw. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebagai kemampuan kognitif dan juga mengukur kemampuan afektif yaitu soft skill siswa yang mendapatkan pembelajaran model quick on the draw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII disalah satu SMP Negeri di Kota Cilegon tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel kelas eksperimen adalah VIII-D dan kelas kontrol adalah VIII-I yang pengambilan sampelnya dipilih secara kelompok (cluster sampling). Berdasarkan hasil uji statistik terhadap data yang diperoleh dalam penelitian, disimpulkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa serta pencapaian akhir dan peningkatan soft skill siswa yang mendapatkan pembelajaran model quick on the draw lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman konsep matematis, soft skill, pembelajaran model quick on the draw
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman konsep matematis, soft skill, pembelajaran model quick on the draw | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2021 02:50 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4055 |
Actions (login required)
View Item |