Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH ROASTING TERHADAP PEMBENTUKAN SODIUM STANNATE (Na2SnO3) DARI MINERAL CASSITERITE (SnO2) DENGAN NATRIUM HIDROKSIDA (NaOH)

Wanti, Srikandi Rimba (2018) PENGARUH ROASTING TERHADAP PEMBENTUKAN SODIUM STANNATE (Na2SnO3) DARI MINERAL CASSITERITE (SnO2) DENGAN NATRIUM HIDROKSIDA (NaOH). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
file 1 (Skripsi FULL).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
File 2 (Abstrak laporan skripsi).pdf

Download (287kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk sumber daya mineral logam. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menduduki peringkat ke-6 sebagai Negara yang kaya akan sumber sumber daya tambang, dan salah satunya yaitu mineral cassiterite (SnO2). Jumlah cadangan timah di Indonesia sekitar 90.000 ton/tahun. Optimalisasi pemanfaatan cassiterite (SnO2) dapat dilakukan dengan cara mengubah timah hasil ekstraksi menjadi senyawa baru yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, misalnya sodium stannate (Na2SnO3). Sodium Stannate (Na2SnO3) di pasar memiliki harga jual yang sangat tinggi yaitu Rp.150.000 – Rp.200.000/kg. Pembuatan sodium stannate dapat dilakukan dengan metode roasting basa menggunakan NaOH dan leaching basa. Variasi temperatur roasting dan waktu roasting yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh temperatur serta waktu terhadap pembentukan sodium stannate. Penelitian ini menggunakan variasi temperatur roasting 175C dengan waktu roasting 1 jam, 2 jam, 3 jam, dan 4 jam. Proses leaching basa (NaOH) dilakukan dengan menggunakan konsentrasi 2 M selama 2 jam. Kemudian dilakukan pengendapan, dan kristalisasi yang dilakukan pada temperatur 450oC, 300oC, 400C, dan 500C. Analisa XRF, XRD, dan SEM dilakukan untuk melihat mineral cassiterite dan sodium stannate. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa temperatur roasting yang maksimal adalah 500oCdan waktu roasting selama 2 jam dengan diperoleh kadar sodium stannate yang diperoleh 93,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMilandia, AnistasiaUNSPECIFIED
Thesis advisorAndriyah, LiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: cassiterite, Roasting basa, Leaching basa (NaOH), Sodium Stannate
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Aug 2024 14:50
Last Modified: 12 Aug 2024 14:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40490

Actions (login required)

View Item View Item