Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

keterlekatan tindakan ekonomi pedagang keliling (Studi Kasus di Desa Melati Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang)

Nasiroh, Nasiroh (2024) keterlekatan tindakan ekonomi pedagang keliling (Studi Kasus di Desa Melati Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
NASIROH_2290190022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
NASIROH_2290190022_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
NASIROH_2290190022_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
NASIROH_2290190022_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
NASIROH_2290190022_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
NASIROH_2290190022_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
NASIROH_2290190022_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
NASIROH_2290190022_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
NASIROH_2290190022_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)

Abstract

penelitian ini membahas tentang keterlekatan para aktor dalam melakukan tindakan ekonomi dan menggambarkan situasi sosial yang dilakukan oleh pedagang keliling di Desa Melati. Studi dilakukan pada aktor ekonomi di Desa Melati Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterlekatan diantara para aktor dalam melakukan tindakan ekonomi sra menggambarkan situasi sosial yang terjadi pada saat aktor melakukan aktivitas ekonomi dalam kehidupan sekehariannya. bentuk keterlektaan yang terjalin diantara para aktor dalam melakukan tindakan ekonomi adalah keterlekatan relasional. Hal ini didasari karena adanya rasa kepercayaan (trust) dan nilai-nilai yang melekat secara personal da telah berlangsung lama yang diekspresikan dalam bentuk tindakan. adanya rasa kepercayaan (trust) antara pedagang dan pembeli yang mengarah pada adanya keterlekatan yang kuat maupun keterlekatan lemah. sehingga fokus penelitian ini adalah untuk melihat keterlekatan diantara pedagang keliling sehingga terbentuknya suatu jaringan atau kelompok pada pedagang keliling. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dengan pendekaktan studi kasus. lokasi dilaksanakan penelitian berada di Desa Melati Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive sampling. pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat keterlekatan dalam bentuk relasional yang dilandasi atas dasar rasa kepercayaan (trust), nilai-nilai antar personal yang berlangsung lama. adanya rasa kepercayaan dan saling membutuhkan antara pedagang dan pembeli mampu menjadi pelengkap dalam melakukan tindakan ekonomi. Hal ini berkaitan dengan pola interaksi sosial yang terbangun diantara para aktor menciptakan tindakan ekonomi yang melekat dengan dipengaruhitidak hanya aspek ekonomi tetapi juga aspek sosial dan budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHaryono, Haryono197511282023211003
Thesis advisorAfrizal, Stevany198407302024212013
Additional Information: penelitian ini membahas tentang keterlekatan para aktor dalam melakukan tindakan ekonomi dan menggambarkan situasi sosial yang dilakukan oleh pedagang keliling di Desa Melati. Studi dilakukan pada aktor ekonomi di Desa Melati Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterlekatan diantara para aktor dalam melakukan tindakan ekonomi sra menggambarkan situasi sosial yang terjadi pada saat aktor melakukan aktivitas ekonomi dalam kehidupan sekehariannya. bentuk keterlektaan yang terjalin diantara para aktor dalam melakukan tindakan ekonomi adalah keterlekatan relasional. Hal ini didasari karena adanya rasa kepercayaan (trust) dan nilai-nilai yang melekat secara personal da telah berlangsung lama yang diekspresikan dalam bentuk tindakan. adanya rasa kepercayaan (trust) antara pedagang dan pembeli yang mengarah pada adanya keterlekatan yang kuat maupun keterlekatan lemah. sehingga fokus penelitian ini adalah untuk melihat keterlekatan diantara pedagang keliling sehingga terbentuknya suatu jaringan atau kelompok pada pedagang keliling. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dengan pendekaktan studi kasus. lokasi dilaksanakan penelitian berada di Desa Melati Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive sampling. pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat keterlekatan dalam bentuk relasional yang dilandasi atas dasar rasa kepercayaan (trust), nilai-nilai antar personal yang berlangsung lama. adanya rasa kepercayaan dan saling membutuhkan antara pedagang dan pembeli mampu menjadi pelengkap dalam melakukan tindakan ekonomi. Hal ini berkaitan dengan pola interaksi sosial yang terbangun diantara para aktor menciptakan tindakan ekonomi yang melekat dengan dipengaruhitidak hanya aspek ekonomi tetapi juga aspek sosial dan budaya.
Uncontrolled Keywords: Traders, Economic Action, Embeddedness and Network Pedagang, Tindakan Ekonomi, Keterlekatan dan Jaringan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Nasiroh Nasiroh
Date Deposited: 05 Sep 2024 16:37
Last Modified: 05 Sep 2024 16:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40466

Actions (login required)

View Item View Item