ARYA, MUHAMMAD (2024) PENGARUH TERPAAN IKLAN PLATFORM INVESTASI DIGITAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI DIGITAL DI KALANGAN KOMUNITAS GENBI BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Muhammad Arya_6662180140_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Arya_6662180140_01.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Arya_6662180140_02.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Arya_6662180140_03.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Arya_6662180140_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Arya_6662180140_05.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Arya_6662180140_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Arya_6662180140_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Public interest in digital investment has increased significantly every year, largely due to the growing familiarity with the internet. People can easily access a wide range of information related to investment, including guides on how to invest and tips for making good investments. The increasing interest in investment is also driven by digital investment platforms that introduce and promote their products through advertising. Continuous exposure to information in the form of advertisements makes consumers feel more familiar with the products, thereby generating interest. GenBI Banten was chosen as a research variable because its members are students with diverse characteristics. Additionally, students, being tech-savvy and knowledgeable young individuals, were another consideration for selecting GenBI Banten. Furthermore, GenBI Banten, under the auspices of Bank Indonesia, serves as frontliners for the bank and is often involved in the financial world. This study aims to determine the extent of the influence of digital investment platform advertisements on the interest in digital investment among the GenBI Banten community. The research uses a descriptive quantitative approach with the theory of Advertising Exposure. The results indicate that there is a significant influence of digital investment platform advertisements on the interest in digital investment among the GenBI Banten community. The simple linear regression test results show that the advertisement exposure variable has an influence of 16.8% on the interest in digital investment. A significance value of less than 0.05 indicates that this relationship is statistically strong and significant. High advertisement exposure successfully increases brand awareness, message comprehension, brand association, and forms a positive attitude, ultimately increasing investment interest.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Additional Information: | Minat masyarakat akan investasi digital setiap tahun nya selalu bertambah secara signikan, hal ini tidak terlepas dari masyarakat yang saat ini mulai mengenal internet. Masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akses ke berbagai informasi terkait investasi, termasuk panduan cara berinvestasi dan tips-tips untuk melakukan investasi dengan baik. Bertambahnya minat masyarakat akan investasi juga tidak lepas dari platform-platform investasi digital yang mengenalkan dan mempromosikan produknya dengan menggunakan iklan atau beriklan. Melalui terpaan sebuah informasi yang berupa iklan secara terus-menerus, membuat konsumen akan merasa lebih mengenal terhadap produk tersebut. Hal ini lah yang akan memunculkan suatu minat. Pemilihan GenBI Banten sebagai variabel penelitian karena anggota dari GenBI Banten merupakan mahasiswa yang memiliki karakter yang beragam, selain itu mahasiswa yang merupakan pemuda dan pemudi yang melek akan teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi pertimbangan penulis memilih GenBI Banten. Ditambah lagi, GenBI Banten yang berada dibawah naungan Bank Indonesia merupakan frontliners dari Bank Indonesia dan sering berkecimpung di dunia keuangan ataupun finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar prngaruh terpaan iklan platform investasi terhadap minat berinvestasi digital di kalangan komunitas GenBI Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teori Advertising Exposure. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan platform investasi digital terhadap minat berinvestasi digital di kalangan komunitas GenBI Banten. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan memiliki pengaruh sebesar 16,8% terhadap minat berinvestasi digital. Nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa hubungan ini cukup kuat dan signifikan secara statistik. Terpaan iklan yang tinggi berhasil meningkatkan kesadaran merek, pemahaman pesan, asosiasi merek, dan membentuk sikap positif yang pada akhirnya meningkatkan minat berinvestasi. | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Advertising Exposure, Digital Investment Platform, Investment Interest, GenBI Banten. Terpaan iklan, Advertising Exposure, Platform Investasi Digital, Minat berinvestasi, GenBI Banten. | ||||||
Subjects: | Communication > Communication (General) | ||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
||||||
Depositing User: | Mr Muhammad Arya | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2024 09:43 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 09:43 | ||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40460 |
Actions (login required)
View Item |