DWI YOGO YUDO, ABID (2024) IDENTIFIKASI JENIS DAN DISTRIBUSI KERANG YANG DIPASARKAN DI SEKITAR PPN KARANGANTU PROVINSI BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Halaman Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Halaman Pernyataan.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_02.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_03.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_04.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_05.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Abid Dwi Yogo Yudo_4443190078_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia is a maritime country that has fisheries potential with high diversity. One such diversity is bivalves or clams. One of the fishery centers that sells shellfish is around the Karangantu fishing port, where many types of shellfish are marketed there. Currently, there is no data and information regarding the production and types of shellfish marketed in Karangantu including their distribution. Therefore, research on the types and distribution of shellfish in Karangantu is important to see the actors and marketing efficiency. This research was conducted in November-December 2023. An interview was conducted using the snowball sampling method to collect data. The number of respondents was 12 people. The data was analyzed descriptively. The results show that there are 7 types of shellfish marketed around Karangantu fishing port: green clams, pigeon cockle, tofu clams, feather shells, elephant clams, oyster shells, and honey shellfish. There are 3 marketing channels contained in the marketing of these shellfish. The lowest shellfish marketing margin value is Rp. 2,000 (12%) in the distribution channel II and the highest is Rp. 7,000 (58%) in the distribution channel I. The lowest shellfish efficiency value is 42% and the highest is 85%. The largest margin occurs in every shellfish trader and the marketing of shellfish in Karangantu is on average efficient, although there is one that is not efficient.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki potensi perikanan dengan keanekaragaman yang tinggi Salah satu keanekaragaman tersebut adalah bivalvia atau kerang-kerangan. Kerang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir karena memiliki gizi yang tinggi. Salah satu pusat perikanan kerang ada di sekitar PPN Karangantu. Berbagai jenis kerang banyak diperjualbelikan disini, sejauh ini belum ada data dan informasi mengenai produksi dan jenis kerang yang dipasarkan di Karangantu, termasuk distribusinya, padahal kerang di Karangantu termasuk komoditas yang dipasarkan setiap hari sepanjang tahun, karena itu penelitian mengenai mengenai jenis dan distribusi kerang di Karangantu penting dilakukan untuk melihat pelaku dan efisiensi pemasarannya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2023. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dengan menggunakan metode snowball sampling dengan penentuan responden pertama yaitu seluruh pedagang di sekitar PPN Karangantu berjumlah 12 orang, lalu hasil akan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 jenis kerang yang dipasarkan di sekitar Pelabuhan Perikanan Karangantu yaitu kerang hijau, kerang dara, kerang tahu, kerang bulu, kerang gajah, kerang tiram, dan kerang madu. Terdapat 3 saluran pemasaran yang terdapat dalam pemasaran kerang ini. Nilai margin pemasaran kerang yang paling rendah adalah Rp. 2.000 (12%) pada saluran distribusi II dan tertinggi Rp. 7.000 (58%) pada saluran distribusi I. Nilai efisiensi kerang terendah sebesar 42% dan tertinggi sebesar 85%. Margin terbesar terjadi pada setiap pedagang kerang dan pemasaran kerang di Karangantu rata-rata efisien meskipun ada juga yang tidak efisien. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | efficiency, Karangantu, margin, shellfish | |||||||||
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
|||||||||
Divisions: | 04-Fakultas Pertanian 04-Fakultas Pertanian > 54244-Program Studi Ilmu Perikanan |
|||||||||
Depositing User: | Mr Abid Dwi Yogo Yudo | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2024 16:14 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 16:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40422 |
Actions (login required)
View Item |