Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KADAR NIKEL DAN WAKTU TAHAN PROSES TRANSFORMASI FASA TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA BAINITIK UNTUK APLIKASI REL KERETA API

Dwiwandono, Robby (2018) PENGARUH KADAR NIKEL DAN WAKTU TAHAN PROSES TRANSFORMASI FASA TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA BAINITIK UNTUK APLIKASI REL KERETA API. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Full Draft Robby Dwiwandono 3334131575.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Moda transportasi kereta api merupakan salah satu moda yang penting di Indonesia, sehingga peningkatan kualitas dari infrastruktur moda transportasi kereta api yaitu salah satunya adalah rel kereta api penting dilakukan dalam upaya menyokong rencana kereta api cepat. Peningkatan kualitas dari baja rel dapat dilakukan dengan cara mengganti baja rel yang memiliki struktur perlit dan umum digunakan menjadi baja rel dengan struktur bainit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kandungan nikel dan waktu tahan proses transformasi terhadap struktur mikro dan sifat mekanis dari baja Fe-C/Ni. Pada penelitian ini, sampel baja Fe-C/Ni dengan variasi kandungan nikel 0% Ni, 1% Ni, 2% Ni, 3% Ni, dan 4% Ni dipanaskan di dalam furnace pertama pada temperatur austenit yaitu 945°C selama 10 menit kemudian didinginkan udara selama 1 menit 30 detik lalu dimasukkan ke dalam furnace kedua yang sudah diset pada temperatur transformasi bainit dengan temperatur didapat dari perhitungan martensit dan bainit start sesuai komposisi kimia selama 15 menit, 30 menit, dan 60 menit kemudian dilakukan pendinginan udara. Pengujian kekerasan dan kekuatan tarik dilakukan mengetahui sifat mekanis dan pengamatan metalografi dilakukan untuk mengetahui struktur mikro. Struktur mikro pada 0% Ni sampai 2% Ni didapatkan adalah ferit-perlit untuk 3% Ni dan 4% Ni adalah ferit-bainit dengan fraksi volum perlit/bainit semakin banyak seiring dengan bertambahnya kandungan nikel dan semakin lama waktu tahan. Kekerasan dan kekuatan tarik meningkat seiring bertambahnya kandungan nikel, dan tertinggi pada waktu tahan 30 menit yaitu 400,14 BHN dan 803 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuryana, SuryanaUNSPECIFIED
Thesis advisorCitrawati, FatayalkardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: baja Fe-C/Ni, bainit, waktu tahan transformasi, kekerasan, kekuatan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Aug 2024 11:27
Last Modified: 08 Aug 2024 11:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40393

Actions (login required)

View Item View Item