Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN KERAPATAN BAHAN BAKU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP KUALITAS PRODUK MINYAK MENTAH PIROLISIS BIOMASSA DENGAN METODE PIROLISIS LAMBAT

Permana, Aditya and Rosmawati, Rosmawati (2018) PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN KERAPATAN BAHAN BAKU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP KUALITAS PRODUK MINYAK MENTAH PIROLISIS BIOMASSA DENGAN METODE PIROLISIS LAMBAT. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Other (Fulltext)
TA Rosmawati Teknik Kimia 2018.rar
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sumber energi yang ada di dunia saat ini masih didominasi oleh bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui yang semakin lama akan habis. Salah satu bahan yang dapat dibuat sebagai bio-oil yang berasal dari kelapa sawit adalah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS). Bio-oil bisa menjadi bahan bakar yang digunakan dalam boiler, mesin atau gas turbin dan sumber daya di industri kimia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan Produk Minyak Mentah Pirolisis Biomassa yang optimal dari Tandan Kosong Kelapa Sawit dengan variasi ukuran partikel dan kerapatan bahan baku yang sesuai dengan menggunakan metode Pirolisis lambat. Metode percobaan yang dilakukan yakni Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dikeringkan dengan sinar matahari selama 3 hari. dijemur dan kemudian dipotong kecil hingga ukuran 32 mesh, 10 mesh dan 5 mesh. Lalu TKKS yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam reaktor untuk proses pirolisis lambat dengan waktu penahanan 15 menit pada temperatur 500 o C. kemudian uap yang terbentuk, melalui proses kondensasi kemudian menampung MMPB yang dihasilkan. Yield MMPB yang terbesar dihasilkan dari ukuran partikel TKKS 32 mesh dengan kerapatannya 0,726 yaitu sebesar 39,76%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIrawan, AntonUNSPECIFIED
Thesis advisorBindar, YazidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bio-oil, TKKS, MMPB, Yield.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Aug 2024 10:54
Last Modified: 08 Aug 2024 10:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40387

Actions (login required)

View Item View Item