Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LEGO HURUF ( Penelitian Tindakan di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten )

UYUN, ZAHROTUL (2018) MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LEGO HURUF ( Penelitian Tindakan di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LEGO HURUF (Penelitian Tindakan.pdf

Download (9MB)

Abstract

The ability to read is a characteristic that allows children to recognize symbols relating to letters into pools that allow children. The purpose of this research is to know how to apply media and discussion about ability in various media form at Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten kindergarten. Benefits of the application of the media lego letters can help children in the process of reading activities, make children understand well, and help teachers in using reading skills in a way that is fun and interesting for students, The method used in this research is action research methods (PT ), in this study consist of two cycles. In the first cycle of 8 actions and cycle II as much as 4 times the action, reaching 60%. The subjects of this study were children aged 5-6 years with a total of 18 children consisting of 10 girls and 8 boys. Based on the results of the research, the reading ability of children 5-6 years old through the lego media with the results of the research At this time is 30%, then in the first cycle increased to 59%, while in cycle II experienced significant improvement reached 91% and apply to already targeted indicators. Based on the results of data that have been obtained can be concluded that with the application of media lego letter can improve the ability to read the beginning of children 5-6 years in kindergarten Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKusumawardani, RatihUNSPECIFIED
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Additional Information: Kemampuan membaca permulaan adalah kecakapan yang dimiliki anak untuk mengenal simbol-simbol yang berkaitan dengan huruf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ke tahap membaca lanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerapan media lego huruf dan peningkatan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B Merak melalui media lego huruf di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten. Manfaat penerapan media lego huruf dapat membantu anak dalam mempermudah proses kegiatan membaca permulaan, membuat anak bisa mengenal dasar membaca dengan baik, dan mempermudah guru dalam mengajarkan kemampuan membaca permulaan dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi anak, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (PT), dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 tindakan dan siklus II sebanyak 4 kali tindakan, dengan keberhasilan tindakan mencapai 60%. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 18 orang anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui media lego huruf dengan hasil penelitian ini diketahui bahwa pada kondisi awal pra tindakan adalah sebesar 30%, kemudian di siklus I meningkat menjadi 59%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 91% dan mengalami keberhasilan pada indikator yang sudah ditargetkan. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media lego huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang-Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 08:34
Last Modified: 28 Oct 2021 08:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item