Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBIASAAN DI TK ISLAM TIRTAYASA SERANG

KHUMAEROH, YOYOH (2018) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBIASAAN DI TK ISLAM TIRTAYASA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5 6 TAHUN MELALUI PEMBIASAAN DI TK ISLAM TIRTAYASA SERANG (Metode Penelitian Kualitatif di Kelompok B di TK Islam Tirtayasa Serang).PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak yang tidak berkembang secara optimal dari anak-anak kelompok B TK Islam Tirtayasa Serang. Untuk mengoptimalkan hal tersebut, maka perlu dilakukan upaya untuk mengembangkan kemampuan sosial anak yaitu melalui pembiasaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Proses mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Tirtayasa, 2) Kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan di TK Islam Tirtayasa. Penelitian ini dilaksanakan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2017. Dengan lokasi bertempat di TK Islam Tirtayasa Serang. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B dengan jumlah duabelas anak. Dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Berdasarkan analisis data menyatakan bahwa kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan di TK Islam Tirtayasa Serang berkembang dengan baik. Hal ini terlihat dari aktivitas anak dalam kegiatan sehari-hari yaitu anak mau berbagi kepada temannya, mengucapkan salam dan bersalaman ketika memasuki dan keluar lingkungan sekolah, menolong teman atau guru ketika membutuhkan, merapihkan kembali alat belajar, meminjamkan mainan kepada teman, datang tepat waktu, shalat berjamaah, bertanya dan mengibur teman yang sedang bersedih atau menangis, dan makan bersama. Pada minggu keempat kemampuan social anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan, anak berhasil mencapai indikator-indikator kemampuan sosial anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian, dari 12 anak di TK Islam Tirtayasa Serang dalam proses kegiatan pembelajaran melalui pembiasaan dapat dikatakan berhasil karena sebagian besar anak dikatakan berhasil. Dari 12 anak yaitu 11 anak di kelas B4 TK Islam Tirtayasa Serang telah mencapai indikator peningkatan kemampuan sosial pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsmawati, LulukUNSPECIFIED
Thesis advisorKusuma Wardhani, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak yang tidak berkembang secara optimal dari anak-anak kelompok B TK Islam Tirtayasa Serang. Untuk mengoptimalkan hal tersebut, maka perlu dilakukan upaya untuk mengembangkan kemampuan sosial anak yaitu melalui pembiasaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Proses mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Tirtayasa, 2) Kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan di TK Islam Tirtayasa. Penelitian ini dilaksanakan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2017. Dengan lokasi bertempat di TK Islam Tirtayasa Serang. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B dengan jumlah duabelas anak. Dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Berdasarkan analisis data menyatakan bahwa kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan di TK Islam Tirtayasa Serang berkembang dengan baik. Hal ini terlihat dari aktivitas anak dalam kegiatan sehari-hari yaitu anak mau berbagi kepada temannya, mengucapkan salam dan bersalaman ketika memasuki dan keluar lingkungan sekolah, menolong teman atau guru ketika membutuhkan, merapihkan kembali alat belajar, meminjamkan mainan kepada teman, datang tepat waktu, shalat berjamaah, bertanya dan mengibur teman yang sedang bersedih atau menangis, dan makan bersama. Pada minggu keempat kemampuan social anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan, anak berhasil mencapai indikator-indikator kemampuan sosial anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian, dari 12 anak di TK Islam Tirtayasa Serang dalam proses kegiatan pembelajaran melalui pembiasaan dapat dikatakan berhasil karena sebagian besar anak dikatakan berhasil. Dari 12 anak yaitu 11 anak di kelas B4 TK Islam Tirtayasa Serang telah mencapai indikator peningkatan kemampuan sosial pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 08:30
Last Modified: 28 Oct 2021 08:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item