Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERGERAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XII SMA PADA KONSEP PEMBELAHAN SEL

Amalia, Friska (2018) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERGERAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XII SMA PADA KONSEP PEMBELAHAN SEL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
KORELASI ANTARA DOMAIN KECERDASAN MAJEMUK DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI SMAN 1 CIRUAS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

This research aimed to develop a learning media on diorama shaped in concept of cell reproduction that can be move for high school students XII class and to know the media quality according to the experts with student responses test. This research was a developments research (R & D ) with Styosari model’s. Stages of development used Need analysis, objective formulation, instrument development, design planning, diorama media development, validation test (expert test and limited test / student response ), and revision. The instruments in this research were questionaire and suggestion sheet. Media was assessed from the novelty aspects, resolution aspects, elaborate aspects and synthesis aspects. The data was obtained from questionnaire were analyzed quantitatively. The data from suggestion sheets was used to improve the media contents and structures. Media diorama have accroding to the experts is very feasible with a value of 87,5%. The limited test ratings of diorama media respond are good by student with a value of 74,16%. The result from expert and limited test, can be concluded a learning media on the concept of cell reproduction for XII class Student in very reasonable and good be used for learning media.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorGia Syauqiyah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorRomlah, SitiUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi pembelahan sel berbentuk diorama yang dapat digerakkan untuk siswa SMA kelas XII dan mengetahui kualitas media diorama bergerak menurut penilaian para ahli serta respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D ) dengan model yang dikembangkan oleh Styosari. Tahapan dari pengembangan yang digunakan yaitu Analisis kebutuhan, perumusan tujuan, pengembangan instrumen, perencanaan desain, pembuatan media diorama, uji validasi (uji ahli dan uji terbatas/respon siswa ), dan revisi. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan lembar kuisioner. Media dinilai dari aspek kebaharuan, pemecahan, kerincian dan sintesis. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara kuantitatif. Data yang diperoleh dari lembar saran digunakan untuk perbaikan media yang dibuat. Penilaian media diorama menurut para ahli adalah sangat layak dengan nilai sebesar 87,5%. Pada penilaian uji coba terbatas media diorama direspon baik oleh siswa dengan nilai sebesar 74,16%. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji terbatas dapat disimpulkan, Media diorama bergerak pada konsep pembelahan sel untuk siswa SMA kelas XII Sangat Layak dan Baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 08:01
Last Modified: 28 Oct 2021 08:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item