Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KONTRIBUSI KOMPETENSI ANDRAGOGI PAMONG BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SERANG

Alifudin Ichsan, uchlis (2018) KONTRIBUSI KOMPETENSI ANDRAGOGI PAMONG BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
KONTRIBUSI KOMPETENSI ANDRAGOGI PAMONG BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Learning Pamong is the spearhead in learning Package C equality in Serang City Learning Activities Center (SKB) because the tutors face to face with the learning community, the majority of whom are adults, so that high competency of andragogy is needed. In this regard, it is interesting for researchers to conduct research related to: 1) How does the contribution of the learning tutor's andragogy competency to the learning outcomes of Package C equality in the Serang City Learning Activity Center (SKB). 2) How is the implementation of adult learning carried out by learning tutors in dealing with learning citizens of Package C equality at the Serang City Learning Activities Center (SKB). When viewed from the analysis and type of data, this research is quantitative research. The sample in this study was the learning of Package C equality in the Serang City Learning Activities Center (SKB) consisting of 15 people. Data collection techniques using questionnaires. This study involved the independent variable (X) learning andragogy competency and the dependent variable (Y) learning outcomes. Data collection steps are the preparation stage, the implementation phase. Quantitative data processing techniques are measurement scale, computerization and statistical table, instrument test and statistical test. To analyze the data obtained, the researchers used the product moment correlation statistical formula and average formula. Based on the results of the study it is known that: 1) the contribution of learning andragogy competencies to learning outcomes has a high contribution of 0,698. And there is a significant relationship based on the results of testing hypotheses between learning andragogy competencies with learning outcomes obtained t count > t table, 4,098 > 1,771. The results of linear regression analysis obtained the equation Y = 58,601 + 0,585x. 2) there is an implementation of adult learning carried out by the learning tutors, can be proven by high criteria.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, IrwanUNSPECIFIED
Thesis advisorMeilya, RizqiUNSPECIFIED
Additional Information: Pamong belajar merupakan ujung tombak dalam pembelajaran kesetaraan Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang karena pamong belajar berhadapan langsung dengan warga belajar yang mayoritasnya adalah orang dewasa, sehingga diperlukan kompetensi andragogi yang tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, maka menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan : 1) Bagaimana kontribusi kompetensi andragogi pamong belajar terhadap hasil belajar kesetaraan Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang. 2) Bagaimana implementasi pembelajaran orang dewasa yang dilakukan oleh pamong belajar dalam menghadapi warga belajar kesetaraan Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang. Bila dilihat dari analisis dan jenis datanya, maka penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah warga belajar kesetaraan Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang yang terdiri dari 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini melibatkan variabel bebas (X) kompetensi andragogi pamong belajar dan variabel terikat (Y) hasil belajar. Langkah pengumpulan data yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan. Teknik pengolahan data kuantitatif yaitu skala pengukuran, komputerisasi dan tabel statistik, uji instrumen dan uji statistik. Untuk menganalisis data yang didapat, peneliti menggunakan rumus statistik korelasi product moment dan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1) kontribusi kompetensi andragogi pamong belajar terhadap hasil belajar memiliki kontribusi yang tinggi yaitu sebesar 0,698. Dan terdapat hubungan yang signifikan berdasarkan hasil pengujian hipotesis antara kompetensi andragogi pamong belajar dengan hasil belajar didapatkan t hitung > t tabel, 4,098 > 1,771. Hasil analisis regresi linier didapatkan persamaan Y = 58,601 + 0,585x. 2) ada implementasi pembelajaran orang dewasa yang dilakukan oleh pamong belajar, bisa dibuktikan dengan kriteria yang tinggi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:55
Last Modified: 28 Oct 2021 07:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4017

Actions (login required)

View Item View Item