Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SINTESIS POLI-ASAM LAKTAT (PLA) BEBAS LOGAM DENGAN METODE POLIKONDENSASI LANGSUNG MENGGUNAKAN KATALIS LIPASE Candida rugosa

Pratomo, Bayu and Andriyani, Tuti (2018) SINTESIS POLI-ASAM LAKTAT (PLA) BEBAS LOGAM DENGAN METODE POLIKONDENSASI LANGSUNG MENGGUNAKAN KATALIS LIPASE Candida rugosa. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
TA_BAYU PRATOMO & TUTI ANDRIYANI_2018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (38).pdf

Download (463kB)

Abstract

Poli-asam laktat (PLA) merupakan salah satu jenis poliester alifatik, yang diperoleh dari asam laktat dari sumber yang terbarukan seperti gula, pati-patian, selulosa dan gliserin sisa biodiesel. Poli asam laktat merupakan polimer dari asam laktat. Asam laktat atau asam 2-hydroksipropanoat, juga dikenal dengan asam susu, merupakan bahan kimia yang diperoleh dari proses kimia. Selain dengan menggunakan asam laktat, Poli-asam laktat ini juga dapat dibentuk melalui pembentukan laktida terlebih dahulu, dan diikuti dengan polimerisasi menjadi PLA. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis PLA bebas logam menggunakan katalis lipase Candida rugosa dengan metode polikondensasi langsung dan mengetahui pengaruh temperatur dan konsentrasi lipase Candida rugosa terhadap densitas, viskositas, yield dan berat molekul PLA. Prosedur penelitian dimulai dengan melakukan pretreatment asam laktat dilanjutkan dengan proses polikondensasi asam laktat dan melakukan analisa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai yield PLA pada temperature polikondensasi 60 o o o C; 80 o C; 100 C; 120 C masing-masing sebesar 97,8%; 97,65; 96,78%; 96,13% dengan nilai yield terbaik pada 97,8%, dengan nilai viskositas terbaik sebesar 2443,9 cSt dan nilai densitas terbaik sebesar 1231,9 mg/l yang diperoleh pada temperatur polikondensasi 100 o C dengan konsentrasi lipase Candida rugosa 3% w/w.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuhendi, EndangUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmayetty, RahmayettyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Candida rugosa, Laktida, Polikondensasi, Polylactic acid
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2024 15:19
Last Modified: 01 Aug 2024 15:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39955

Actions (login required)

View Item View Item