Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA KELAS VII MELALUI METODE PRAKTIKUM PADA SUBKONSEP PENCEMARAN AIR DI MTs NURUL ISLAM

MUFLIHAH, MUFLIHAH (2017) PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA KELAS VII MELALUI METODE PRAKTIKUM PADA SUBKONSEP PENCEMARAN AIR DI MTs NURUL ISLAM. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA KELAS VII MELALUI METODE PRAKTIKUM PADA SUBKONSEP PE.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

The research aimed to identify student’s science process skills profile through practical lab works methods on water pollution subconcept. This research conducted at MTs Nurul Islam Kebaharan. The method used was descriptive. The subject of the research consisted of 32 students of VIIB, selected by purposive sampling techniques. The instruments used were essay test and observation sheet to measure student’s science process skills during practical lab works. The result showed that science process skills of VIIB grade student’s through practical lab works methods have an average value of 79,45%, based on essay test, then 72,16% based on observation sheet, both including in good categories.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila Hendriyani, MilaUNSPECIFIED
Thesis advisorMarianingsih, PipitUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains (KPS) siswa melalui metode praktikum pada subkonsep pencemaran air. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Islam Kebaharan menggunakan metode deskriptif, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan KPS siswa serta lembar observasi untuk melihat keterampilan proes siswa yang dinilai selama kegiatan praktikum berlangsung. Hasil interpretasi data menunjukkan bahwa keterampilan proses sains (KPS) siswa kelas VIIB melalui metode praktikum termasuk kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 79,45% pada tes uraian dan 72,16% pada lembar observasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:45
Last Modified: 28 Oct 2021 06:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item