Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ROTI ROPI DI HARAPAN INDAH, BEKASI, JAWA BARAT

WAHYU PRATAMA, NUR (2024) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ROTI ROPI DI HARAPAN INDAH, BEKASI, JAWA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Nur Wahyu Pratama_4441200076_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nur Wahyu Pratama_4441200076_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nur Wahyu Pratama_4441200076_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nur Wahyu Pratama_4441200076_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nur Wahyu Pratama_4441200076_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nur Wahyu Pratama_4441200076_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nur Wahyu Pratama_4441200076_ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nur Wahyu Pratama_4441200076_lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The bread industry is currently experiencing an increase, especially in the Bekasi area, West Java. One of the bread industries in Bekasi is Roti Ropi. Tight competition causes manufacturers to carry out various strategies to attract consumers. This research aims to simultaneously and partially analyze the influence of the marketing mix (product, price, location and promotion) on purchasing decisions at Roti Ropi in Harapan Indah, as well as analyzing the variables that most dominantly influence purchasing decisions. This research uses a quantitative research approach using a sample of 50 respondents to be analyzed. The data was then processed using multiple linear regression analysis. The coefficient of determination shows that the independent variables (product, price, location and promotion) studied are able to explain the dependent variable (purchase decision) by 48,4 %, while the remaining 51,6 % is explained by other factors. The results of this research show that the four marketing mix variables simultaneously have a significant influence on consumer purchasing decisions for Roti Ropi. Partially, product and promotion variables have a significant effect on the decision to purchase Roti Ropi, while price and location variables do not have a significant influence on the decision to purchase Roti Ropi in Harapan Indah, Bekasi, West Java.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMULYATI, SRI196107102003122001
Thesis advisorPANCAWATI, JUWARIN197502142003122001
Additional Information: Industri roti saat ini sedang mengalami peningkatan khususnya pada sektor industri roti Daerah bekasi, Jawa Barat. Salah satu industri roti yang ada di Bekasi adalah Roti Ropi. Ketatnya persaingan menyebabkan produsen melakukan berbagai strategi untuk menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial bauran pemasaran (produk, harga, lokasi dan promosi) pada pembelian keputusan pada Roti Ropi di Harapan Indah, serta menganalisis variabel-variabel tersebut paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan penelitian menggunakan sampel sebanyak 50 responden untuk dianalisis. Datanya adalah kemudian diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen (produk, harga, lokasi dan promosi) yang diteliti mampu menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 48,4 %, sedangkan sisanya sebesar 51,6 % dijelaskan oleh faktor lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keempat variabel bauran pemasaran secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Roti Ropi. Sebagian, variabel produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Roti Ropi, sedangkan variabel harga dan lokasi tidak berpengaruh signifikan pengaruh terhadap keputusan pembelian Roti Ropi di Harapan Indah, Bekasi Barat Jawa.
Uncontrolled Keywords: buying decisions, coffee bread, influence, marketing mix.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
04-Fakultas Pertanian
Depositing User: Nur Wahyu Pratama
Date Deposited: 15 Aug 2024 14:30
Last Modified: 15 Aug 2024 14:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39819

Actions (login required)

View Item View Item