Iman, Tb. Ikhsanul (2018) KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SERANG DALAM RANGKA PENGUATAN NILAI IDENTITAS KARAKTER BANTEN PADA PESERTA DIDIK DI SDN PANANCANGAN 2 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SERANG DALAM RANGKA PENGUATAN NILAI IDENTITAS KARAKTER BANTEN PADA PESERTA DIDIK DI SDN PANANCANGAN 2 KOTA SERANG.pdf Download (4MB) |
Abstract
Today, local languages are often forgotten by the younger generation. Local language learning, especially the Javanese Serang language in the elementary school environment is not only aimed to preserving. However, more than that, effective learning of Javanese Serang by the teacher is expected to have a positive impact on strengthening the values and character identity of students. This study aims to find out how the learning activities of Jawa Serang languege in order to strengthen the value of character identity of students in Panancangan 2 Elementary School. The method used in this research is qualitative method, with qualitative descriptive type. Data collection techniques used were observation and interview techniques, which were then analyzed using the Miles and Huberman models. The results of this study can reveal a good understanding of a teacher regarding the supporting and inhibiting factors in the implementation of learning, the ability of teachers who are good enough in carrying out learning activities in Jawae Serang language, and the good impact of learning Jawa Serang language on compactness, communication skills, and sense confidence of students.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Zaman sekarang ini, bahasa daerah sering dilupakan oleh generasi muda. Pembelajaran bahasa daerah, khususnya bahasa Jawa Serang di lingkungan sekolah dasar tidak hanya bertujuan untuk melestarikan. Akan tetapi lebih dari pada itu, pembelajaran bahasa Jawa Serang yang efektif oleh guru, diharapkan mampu memberikan dampak yang positif terhadap penguatan nilai dan identitas karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran bahasa Jawa Serang dalam rangka penguatan nilai identitas karakter peserta didik di SD Negeri Panancangan 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan ialah teknik observasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini dapat mengungkapkan pemahaman yang baik dari seorang guru mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran, kemampuan guru yang cukup baik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bahasa Jawa Serang, serta dampak baik dari pembelajaran bahasa Jawa Serang terhadap kekompakan, kemampuan berkomunikasi, dan rasa percaya diri peserta didik. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 04:33 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:33 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3971 |
Actions (login required)
View Item |