Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PONTANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Supriyadi, Dede (2018) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PONTANG TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PONTANG.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pontang yang masih rendah serta mengalami kesulitan dalam menuangkan ide, pikiran dan gagasan kedalam tulisan deskripsi dikarnakan penggunaan model pembelajaran yang monoton. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Think-Talk-Write (TTW) dan Think-Pair-Share (TPS) dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan model Think-Talk-Write (TTW) efektif terhadap pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pontang tahun ajaran 2017/2018? (2) Apakah penerapan model Think-Pair-Share (TPS) efektif terhadap hasil menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pontang tahun ajaran 2017/2018? (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model Think-Talk-Write (TTW) dan Think-Pair-Share (TPS) terhadap pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pontang tahun ajaran 2017/2018? Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, penggunaan model Think- Talk-Write (TTW) dan Think-Pair-Share (TPS) befektif terhadap hasil menulis paragraf deskripsi siswa SMA Negeri 1 Pontang tahun ajaran 2017/2018. Kemudian dilakukan uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat sebesar 17,727, dan sebesar 2,002. Dengan demikian, lebih besar dari (17,727 >2.002) maka ditrima dan ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara menulis paragraf deskripsi pada siswa SMA Negeri 1 Pontang tahun ajaran 2017/2018. Penggunaan model Think-Talk-Write (TTW) lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model Think-Pair-Share (TPS), hal tersebut diperpleh dari rata rata hasil posttest kelompok eskperimen yang lebih tinggi, yaitu 81,1. Sedangkan rata-rata hasil tes kelompok kontrol hanya 77,5.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, AcengUNSPECIFIED
Thesis advisorFirmansyah, DodiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:27
Last Modified: 28 Oct 2021 04:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3969

Actions (login required)

View Item View Item