Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARAN USAHA KEDAI KOPI SETELAH PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS KEDAI KOPI YORDAY CICERI SERANG BANTEN)

RAFIY DINATA, AQIL (2024) STRATEGI PEMASARAN USAHA KEDAI KOPI SETELAH PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS KEDAI KOPI YORDAY CICERI SERANG BANTEN). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
Aqil Rafiy Dinata_4441170091_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
Aqil Rafiy Dinata_4441170091_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
Aqil Rafiy Dinata_4441170091_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
Aqil Rafiy Dinata_4441170091_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Aqil Rafiy Dinata_4441170091_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
Aqil Rafiy Dinata_4441170091_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Aqil Rafiy Dinata_4441170091_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The purposes of this study, is to identify the impact of Covid-19 on the sale of trendy beverages at Yorday Ciceri Coffee Shop, Serang, Banten, and designing marketing strategies to develop Yorday Coffee Shop after facing the COVID-19 pandemic. The research utilizes qualitative descriptive and quantitative descriptive methods. Both primary and secondary data sources are employed. Sampling technique involves interview criteria. The research method employs IFE Matrix, EFE Matrix, and SWOT Matrix. Variables include the 5 Ps: product, place, promotion, people, and price. The IFE matrix for Yorday Coffee Shop yields a total score of 2.616, while the EFE matrix produces a total score of 2.538. The I-E matrix suggests that Yorday Coffee Shop is positioned at cell V, indicating a hold and maintain condition. SWOT matrix analysis yields nine strategies. Strategies that fit this quadrant are market penetration and product development. The results of the SWOT analysis identified that there are eight alternative of strategies to minimize and develop Yorday Coffee Shop during the Covid-19 pandemic

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaleh, Khaerul196310162002121001
Thesis advisorSetiawan, Johan196802122002121002
Thesis advisorGunawan, Gugun196211102000121001
Additional Information: Tujuan penelitian mengkaji dampak COVID 19 terhadap penjualan minuman kekinian di kedai kopi Yorday Ciceri, Serang Banten dan merancang strategi pemasaran bisnis untuk mengembangkan kedai kopi Yorday setelah menghadapi pandemik COVID 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik wawancara dengan kriteria penelitian. Metode penelitian ini menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, dan Matriks Swot. Variabel yang digunakan adalah 5 P yaitu product, place, promotion, people, dan price. Hasil penelitian menunjukkan matriks IFE pada KEDAI KOPI Kedai kopi Yorday total skor sebesar 2.616. Sedangkan matriks EFE diperoleh total skor sebesar 2.538. Hasil matriks I-E menunjukkan bahwa posisi KEDAI KOPI Kedai kopi Yorday berada pada sel V yang berada pada kondisi hold and maintain. Hasil analisis matriks SWOT diperoleh sembilan strategi, yaitu : 1) Memberikan potongan harga atau diskon kepada pelanggan setia menjadi alternatif untuk menjaga agar permintaan menjadi stabil. 2) Membuat website khusus untuk menjual produk Kopi sehingga dapat dipasarkan di pasar internasional (pasar ekspor), 3) Melakukan pemasaran secara online di website dan toko online seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak, 4) Mengembangkan teknologi produksi Kopi dan pengelolaan Kopi sehingga produksi Kopi dapat ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya, 5) Melakukan pelatihan terhadap karyawan KEDAI KOPI Kedai kopi Yorday,6) Mencari pembeli produk Kopi di luar Indonesia sehingga permintaan dapat distabilkan, 7) Mengidentifikasi produk Kopi yang masuk ke Kedai kopi Yorday, 8) Melakukan hubungan mitra dengan pengusaha produksi Kopi sebagai upaya pengembangan produk bersama, 9) Mengembangkan sistem gudang penyimpanan barang produk Kopi dengan menambah kapasitas gudang
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Yorday, penetration and product Development Strategy
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
04-Fakultas Pertanian
Depositing User: AQIL RAFIY Dinata
Date Deposited: 12 Aug 2024 14:45
Last Modified: 12 Aug 2024 14:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39687

Actions (login required)

View Item View Item