LILIYANI, LILIYANI (2015) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V-B SD Negeri Serang 20 Kota Serang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Nilai yang didapat oleh siswa tidak mencapai standar yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Salah satu penyebabnya adalah guru belum memanfaatkan media, metode belajar yang menyenangkan, maupun model pembelajaran yang dapat menarik minat anak dalam kegiatan pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa mengkombinasikannya dengan metode lain, sehingga siswa bertindak pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Serang 20 Kota Serang. Subjek penelitian ini sebanyak 40 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksnakan pada tanggal 16, 20 dan 23 April 2015 sedangkan, siklus II dilaksanakan pada tanggal 22, 27 dan 29 April 2015. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, catatan lapangan dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkannya (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata klasikal aktivitas siswa siklus I adalah 65,06% dan siklus II adalah 90,62% (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sampai ke siklus II. Nilai hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 52,50% kemudian, nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,50% dan nilai hasil belajar siswa pada siklus II adalah 97,50%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V-B SD Negeri Serang 20 Kota Serang. Kata kunci : Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | ACHIEVEMENT, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), IPS Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 04:37 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:37 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3966 |
Actions (login required)
View Item |