Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP LITERASI MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK SMP DI KABUPATEN TANGERANG

EKA FEBRIANA, ANANDITA (2024) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP LITERASI MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK SMP DI KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Anandita Eka Febriana_2225190087_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Anandita Eka Febriana_2225190087_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Anandita Eka Febriana_2225190087_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Anandita Eka Febriana_2225190087_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Anandita Eka Febriana_2225190087_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Anandita Eka Febriana_2225190087_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Anandita Eka Febriana_2225190087_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Anandita Eka Febriana_2225190087_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Anandita Eka Febriana_2225190087_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

The mathematical literacy abilities of students in Indonesia are still relatively low. Therefore, it is necessary to conduct an assessment to determine the factors that influence the low mathematical literacy skills of these students. This research aims to determine the influence of understanding mathematical concepts and developing independent learning skills on the mathematical literacy of junior high school students in Tangerang Regency, both partially and simultaneously. The research methodology used is correlation-based with a quantitative approach. The research sample consisted of 100 students, with one study group selected per school, especially class VIII. The validity and reliability of the research statements were assessed using the Pearson correlation test which showed that all prepared statements were valid and reliable. Classic assumption tests include normality tests using the one sample Kolmogorov-Smirnov test, multicollinearity tests, heteroscedasticity tests using Spearman correlation, and autocorrelation tests using Durbin-Watson. The research results show that there is a significant influence between the variable conceptual understanding of mathematics on mathematical literacy with a correlation value of 0.401. Then, there is no significant influence between the variable conceptual understanding of mathematics on mathematical literacy with a correlation value of -0.015. Also, there is a significant influence between the variables conceptual understanding of mathematics and learning independence on mathematical literacy simultaneously with a correlation value of 0.413.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMUTAQIN, ANWAR197608102003121001
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Additional Information: Kemampuan literasi matematis pada peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Maka dari itu, perlu dilakukan pengkajian guna mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan literasi matematis pada peserta didik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematika dan pengembangan keterampilan kemandirian belajar terhadap literasi matematika siswa SMP di Kabupaten Tangerang baik secara parsial maupun secara bersamaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah berbasis korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa, dengan satu kelompok belajar dipilih per sekolah khususnya kelas VIII. Validitas dan reliabilitas pernyataan penelitian dinilai dengan menggunakan uji korelasi Pearson yang menunjukkan bahwa semua pernyataan yang disiapkan adalah valid dan reliabel. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas dengan menggunakan uji satu sampel kolmogorov-smirnov, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dengan menggunakan korelasi Spearman, dan uji autokorelasi dengan menggunakan Durbin-Watson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pemahaman konseptual matematika terhadap literasi matematis degan nilai korelasi sebesar 0,401. Kemudian, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pemahaman konseptual matematika terhadap literasi matematis dengan nilai korelasi sebesar -0,015. Serta, terdapat pengaruh signifikan antara variabel pemahaman konseptual matematika dan kemandirian belajar terhadap literasi matematis secara simultan dengan nilai korelasi sebesar 0,413.
Uncontrolled Keywords: Understanding Mathematics Concepts, Self-Regulated Learning, Mathematics Literacy, Tangerang Regency. Pemahaman Konseptual Matematika, Kemandirian Belajar, Literasi Matematis, Kabupaten Tangerang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Anandita Anandita Eka Febriana
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:11
Last Modified: 19 Mar 2025 04:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39637

Actions (login required)

View Item View Item