Kunaepi, Aang (2018) KALIMAT IMPERATIF BAHASA INDONESIA DALAM TUTUR LISAN GURU TAMAN KANAK-KANAK DI DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR DI TK AL-HIDAYAH. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
KALIMAT IMPERATIF BAHASA INDONESIA DALAM TUTUR LISAN GURU TAMAN KANAK-KANAK DI DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR DI TK AL-HIDAYAH.PDF Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan imperatif guru TK AL-Hidayah Gorda, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang berdasarkan (1) wujud imperatif, (2) wujud modus . Subjek penelitian ini adalah tuturan guru TK AL-Hidayah Gorda yang berjumlah empat orang.Objek penelitiannya adalah tuturan imperatif yang meliputi wujud imperatif dan kesantunan imperatifnya. Penelitian dilakukan selama 2 hari dalam bulan Januari 2017 pada saat proses mengajar berlangsung. Data yang diperoleh sebanyak 56 tuturan imperatif.Data diperoleh dengan metode simak dengan teknik sadap (simak bebas libat cakap), teknik rekam, dan teknik catat.Data dianalisis dengan teknik analisis padan pragmatik.Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.Pertama, Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menghasilkan temuan sebanyak 56 data. Dari 56 data tersebut dibagi menjadi tiga modus kalimat. Berdasarkan dari tuturan lisan guru taman kanak-kanak Al-Hidayah Gorda dalam proses belajar mengajar ditemukan 56 tuturan. Berdasarkan pemaparan di atas tuturan tersebut terbagi atas 6 kalimat berita (deklaratif), 48 kalimat suruh (imperatif), dan 2 kalimat tanya (interogatif). Kedua, Dari obsevasi yang dilakukan penulis, kalimat imperatif yang didapat dari tutur lisan guru Taman Kanak-kanak dalam proses belajar mengajar berjumlah 56 data. Data tersebut dapat diperinci, yaitu kalimat imperatif perintah 18 data, kalimat imperatif permintaan ijin 3 data, kalimat imperatif permintaan 6 data, kalimat imperatif larangan 16 data, dan kalimat imperatif ajakan 13 data. Berdasarkan kriteria kesantunan imperatif ditemukan lima kategori kesantunan, yaitu kategori sangat santun, santun, cukup santun, kurang santun, dan tidak santun. Kategori tidak santun tidak ditemukan dalam tuturan imperatif guru TK AL-Hidayah gorda. Adapun kategori yang paling banyak ditemukan adalah kategori cukup santun.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 04:21 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:21 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3963 |
Actions (login required)
View Item |