MUFLIKAH, IKAH (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN IPS (Kuasi Eksperimen Terhadap siswa Kelas IV SDN Bayak Kecamatan Tanara Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the influence of the application of portfolio-based learning model. This study is a quasi-experiments conducted at Stout Elementary School fourth grade students of the District Tanara 2015/2016 academic year The results showed that: There is a portfolio-based learning model influence on learning outcomes siswapada social studies with evidence t value of 4.70, while the value of the 4.70 ttabel 1.677> 1.677. It can be concluded that the results of the analysis of portfoliobased learning model for learning outcomes bberdistribusi normal and homogeneous. The test results indicated that the homogeneity of the post-test in Table 4.6 are smaller Fhitung Ftable or 1.18 <1.98 so that it can be said postes come from a homogeneous population. Hasul t-test of the parties Both classes are normally distributed and homogeneous. Then the t-test is then performed by the two parties, ie with a = 0.05. After the t-test with the two parties on the posttest, got that thitung greater than ttable ie 4,70> 1.677 so, it can be concluded that there is a difference between learning outcomes experimental class and control class at the end of the test. Keywords: Portfolio-Based Learning, Learning Outcomes IPS
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Bayak Kecamatan Tanara tahun ajaran 2015/2016..Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS dengan bukti nilai t hitung sebesar 4,70 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,677 maka 4,70 > 1,677. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil analisis antara model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar bberdistribusi normal dan homogen. Hasil uji homogenitas pada postes ditunjukan bahwa pada tabel 4.6 yaitu Fhitung lebih kecil dari Ftabel atau 1,18 < 1,98 sehingga dapat dikatakan postes berasal dari populasi yang homogen. Hasul uji-t satu pihak Kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Maka selanjutnya dilakukan uji-t dengan dua pihak yaitu dengan a=0,05. Setelah dilakukan uji-t dengan dua pihak pada postes, didapat bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,70 > 1,677 sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada tes akhir. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Portofolio, Hasil Belajar IPS | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Portfolio-Based Learning, Learning Outcomes IPS Pembelajaran Berbasis Portofolio, Hasil Belajar IPS | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 04:18 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:19 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3961 |
Actions (login required)
View Item |