Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBANDINGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION

Mukhwan Hariri, Muhammad (2017) PERBANDINGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBANDINGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

This study attempts to tell the difference writing skills of narrative use the model learning Experiental Learning and learning model Direct Instruction Indonesian Language in class IV public Cikasungka II Academic year 2016 / 2017. The kind of research used is research quantitative .The sample techniques used to research it is a technique purposive sampling to choose class control and class experiment .The population in research is a student rooms were 60 people .In this study class iva as a group of experiments using learning model Experiental Learning , then class ivb as the control group using learning model Direct Instruction. Data research results obtained from the results of pretest and posttest.According to the analysis of data research and the testing of hypotheses it can be concluded that: there is a difference writing skills of narrative of students who use learning model Experiental Learning and learning model Direct Instruction.This could prove calculation of analysis of the two parties with the show tcount = 3,4 and ttable = 2,00 . Because it fulfilled -t table ≤ t count≤ t table , namely 2,00 ≤ 3,4≤ 2,00 , then h0 rejected or can be there is a difference writing skills of narrative students who use learning model Experiental Learning with students who use Direct Intruction learning model. But the results of the hypothesis the right obtained t count = 3,4 and t table = 2,00 .Because it fulfilled tcount≤ t table, namely 3,4 ≤ 2,00 , then h0 rejected .This shows that writing skills of narrative students who use learning model experiental learning better than students who use direct intruction learning model

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHerwan, HerwanUNSPECIFIED
Thesis advisorHendracipta, NanaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis karangan narasi yang menggunakan model pembelajaran Experiental Learning dan model pembelajaran Direct Instruction pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas IV SD Negeri Cikasungka II tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling untuk memilih kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 60 orang. Pada penelitian ini kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Experiental Learning, selanjutnya kelas IVB sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil Pretest dan Posttest. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa : terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan narasi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Experiental Learning dan model pembelajaran Direct Instruction. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis perhitungan uji dua pihak dengan nilai menunjukan thitung = 3,4 dan ttabel = 2,00. Karena memenuhi –ttabel≤ thitung≤ ttabel yaitu -2,00≤ 3,4 ≤ 2,00, maka H0 ditolak atau bisa dikatakan Terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan narasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Experiental Learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct intruction. Adapun hasil perhitungan uji hipotesis pihak kanan diperoleh thitung = 3,4 dan ttabel = 2,00. Karena memenuhi thitung≤ttabel yaitu 3,4≤2,00, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Experiental Learning lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct intruction.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:53
Last Modified: 28 Oct 2021 03:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3956

Actions (login required)

View Item View Item