DIANA RESMIATI, RISYA (2017) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN UNTUK PERSIAPAN MENULIS ANAK DI TK B PERADABAN KOTA CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA - 6 TAHUN UNTUK PERSIAPAN MENULIS ANAK DI.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Early Childhood Education is the education that determines the development of the next child. Especially the fine motor development of children for writing preparation, should be strived since early because this age is a golden age or golden age. At this time the process of growth and development in various aspects very rapidly. The smooth motor of the child emphasizes the coordination of the hand muscles or the flexibility of the hand, such as cutting, drawing, holding, squeezing and sticking. Early childhood writing skills marked by scratching stages. With the development of the child's ability to learn to write means a sign that the child's fine motor develops well. The method used in this study is a qualitative method with the type of research dekskriptif. The main purpose of descriptive research is to describe systematically the facts and characteristics of the subject in accurate precise. The place of study is: Kind of Cilegon Civilization. Study time in the first semester of the academic year 2015 - 2016. Research subjects were teachers who amounted to 3 people and students TK B ages 5-6 years, amounting to 13 people consisting of 6 men and 7 women. This study uses data collection techniques through observation, interviews and data recorders in the form of Fortopolio and Photo. This research also use data analysis technique that is: data reduction, data presentation and conclusion. The result of this research is to know the problem in this research, the result is: The role of teacher in developing fine motoric of kindergarten children B (5-6 years) for writing preparation in Cilegon Civilization kindergarten has succeeded well in accordance with its role that is teacher as planner, Motivators, facilitators and models. Constraints faced by teachers are: not all children receive the lessons well, the child gets bored, the child impatient, the child is difficult to understand, the child takes a long time in learning. All that hampers the process of teaching and learning. Solutions that must be done by teachers to face obstacles in developing fine motor child: teachers must be professional, media tools must be large and brightly colored, teachers must be patient, given time should be enough, teachers must guide the child well and painstaking child optimal.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang menentukan perkembangan anak selanjutnya. Terutama perkembangan motorik halus anak untuk persiapan menulis, hendaknya di upayakan sejak dini karena usia ini merupakan masa keemasan atau golden age. Pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek sangat pesat. Motorik halus anak menekankan pada koordinasi otot tangan atau kelenturan tangan, seperti memotong, menggambar, memegang, meremas dan menempel. kemampuan menulis awal anak usia dini di tandai dengan tahapan mencoret-coret. dengan berkembangnya kemampuan anak untuk belajar menulis berarti tanda bahwa anak itu motorik halusnya berkembang dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian dekskriptif. Tujuan utama penelitian deskriptif adalah untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik subjek yang di teliti secara tepat. Tempat penelitian adalah : TK Peradaban Cilegon. Waktu penelitian di semester satu tahun pelajaran 2015 – 2016. Subjek penelitian adalah guru yang berjumlah 3 orang dan anak didik TK B usia 5 – 6 tahun yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan perekam data yang berupa fortopolio dan Photo. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan dalam penelitian ini, hasilnya yaitu : Peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak usia TK B ( 5 – 6 Tahun ) untuk persiapan menulis di TK Peradaban Cilegon sudah berhasil dengan baik sesuai dengan perannya yaitu guru sebagai perencana, motivator, fasilitator dan model. kendala yang dihadapi guru adalah : tidak semua anak menerima pelajaran dengan baik , anak cepat bosan, anak tidak sabar, anak sukar mengerti, anak membutuhkan waktu yang lama dalam belajar. Semua itu menghambat proses belajar mengajar. Solusi yang harus dilakukan oleh guru untuk menghadapi kendala dalam mengembangkan motorik halus anak yaitu : guru harus professional, alat media harus besar dan berwarna cerah, guru harus sabar, waktu yang diberikan harus cukup, guru harus membimbing anak dengan baik dan telaten supaya anak berkembang dengan optimal. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 03:41 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:41 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3948 |
Actions (login required)
View Item |