Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII MTS Miftahun Najah)

KARIMAH, NAJIATUL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII MTS Miftahun Najah). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
Najiatul Karimah_2286200021_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)

Abstract

This research aims to determine whether or not there is an influence of the portfolio-based learning model on students' activeness in Pancasila and Citizenship Education subjects. This research sample used two classes, namely class VIII A as the experimental class and class VIII B as the control class. Measuring the increase in student activity is carried out using instruments in the form of 24 statements in the form of questionnaires which have gone through the validity and reliability stages. Based on the results of research using two separate classes where the results of both are normally distributed and homogeneous. Next, hypothesis testing was carried out using the Independent Sample T-Test, resulting in a significant influence on the use of the portfolio-based learning model to increase the activity of class VIII students. Based on the calculations, the value of r calculated sig (2-tailed) is 0.000 < r table, namely 0.05, so it can be concluded that H1 is accepted and Ho is rejected, which means that there is an influence of the portfolio-based learning model to increase student activity in Pancasila and Citizenship Education subjects.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSARI DEWI, RATNA198105052005012002
Thesis advisorYUNI LESTARI, RIA199006102022032006
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Dalam mengukur meningkatnya keaktifan peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa pernyataan dalam bentuk angket sebanyak 24 yang telah melalui tahap validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan dua kelas tersut dimana hasil keduanya berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunkan Independent Sampel T-Test mendapatkan hasil adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rhitung sig (2-tailed) sebesar 0,000 < rtabel yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis portfolio untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Uncontrolled Keywords: Portfolio Based Learning Model, Student Activeness, PPKn Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, Keaktifan Peserta Didik,PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Ms NAJIATUL KARIMAH
Date Deposited: 10 Aug 2024 12:31
Last Modified: 10 Aug 2024 12:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39420

Actions (login required)

View Item View Item