Defitasari, Fifih (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA .PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
This study aims to determine the ability to think creatively learning students in the subjects of social studies that apply the model of learning Word Square better than students who apply direct learning. The research method used is quasi experiment with research design onequivalent control group design. Sampling is done by using purposive sampling technique. The selected sample is the students of class IV-B into the control class which received treatment in the form of direct learning and the students of class IV-A into the control class who received treatment in the form of learning using Word Square model. Data analysis techniques to test the hypothesis in this study using Gain test is to improve. From the calculation of Gain test can be obtained = 0,05 with degrees of freedom ((dk) = 76, count is greater than the is 2.05> 1.99 then accepted and rejected. So it can be concluded that the improvement of students' learning creativity skills in IPS subjects using word square learning model increased from students using direct learning model. Based on the data processing results of the test of one party (right side) obtained count is greater than tabel is 2.01> 1.67 then accepted and rejected. Based on the results of research that has been done, so it can be concluded that the ability of student learning creativity in the subjects of social studies that apply the model of learning Word Square higher than students who apply direct learning.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif belajar siswa dalam mata pelajaran IPS yang menerapkan model pembelajran Word Square lebih baik dari siswa yang menerapkan pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian onequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas IV-B menjadi kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran langsung dan siswa kelas IV-A menjadi kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model Word Square. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Gain yaitu untuk meningkatkan. Dari hasil perhitungan uji Gain dapat diperoleh = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 76, lebih besar dari pada yaitu 2,05> 1,99 maka diterima dan ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan model pembelajaran word square meningkat daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan pengolahan data hasil perhitungan uji satupihak (pihakkanan) diperoleh lebih besar dari yaitu 2,01> 1,67 maka diterima dan ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS yang menerapkan model pembelajaranWord Square lebih tinggi dari siswa yang menerapkan pembelajaran langsung. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 03:29 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:29 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3940 |
Actions (login required)
View Item |