Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

YUNIARTA SARI, REFA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
Refa Yuniarta Sari_2286200007_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)

Abstract

This study aims to determine the effect of the Examples Non Examples learning model on students' critical thinking skills in Civic Education. This research uses a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The population of this study includes all ninth-grade students at SMP Negeri 1 Pabuaran, and the sampling technique used is purposive sampling. The sample classes in this study are class IX D (Experimental Class) and class IX C (Control Class). To measure students' critical thinking skills, a written test instrument consisting of 30 multiple-choice questions was used, which had undergone validity and reliability testing. The results showed that the data from both classes were normally distributed and homogeneous. Hypothesis testing using the Independent Sample T-Test showed a significant effect, as indicated by the calculated value of rhitung sig (2-tailed) of 0.000, which is less than the rtabel value of 0.05. Thus, it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected, indicating a significant effect of the Examples Non Examples learning model on students' critical thinking skills in Civic Education (a quasi-experimental study on ninth-grade students at SMP Negeri 1 Pabuaran) on the topic of diversity in the framework of Bhineka Tunggal Ika.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorALWAN BAHRUDIN, FEBRIAN198804052015041002
Thesis advisorMAULDY RAHARJA, REZA198312192023211010
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Pabuaran, teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik purposive sampling dan kelas yang dijadikan sampel pada penelitian ini ialah kelas IX D (Kelas Eksperimen) dan kelas IX C (Kelas Kontrol). Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang telah melalui tahap validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan dua kelas tersebut dimana hasil keduanya berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sampel T-Test mendapatkan hasil adanya pengaruh yang signifikan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan dimana diperoleh nilai rhitung sig (2-tailed) yaitu 0,000 < rtabel yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (quasi eksperimen pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Pabuaran) pada materi keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
Uncontrolled Keywords: Civic Education, Examples Non Examples Learning Model, Critical Thinking. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Examples Non Examples, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs REFA YUNIARTA SARI
Date Deposited: 12 Aug 2024 16:26
Last Modified: 12 Aug 2024 16:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39321

Actions (login required)

View Item View Item