Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MONITORING PADA SUMBU AXIAL PROSES FLOTASI KOLOM MENGGUNAKAN ECVT DENGAN PENGARUH LAJU ALIR UDARA DAN DOSIS FROTHER TERHADAP RECOVERY

Bayta, Fanni (2018) MONITORING PADA SUMBU AXIAL PROSES FLOTASI KOLOM MENGGUNAKAN ECVT DENGAN PENGARUH LAJU ALIR UDARA DAN DOSIS FROTHER TERHADAP RECOVERY. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FANNI BAYTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (36).pdf

Download (7kB)

Abstract

Flotasi merupakan proses pemisahan mineral berdasarkan sifat permukaan. Keberhasilan proses flotasi dinyatakan dalam recovery. Salah satu fenomena terpenting dalam recovery yaitu interaksi antara gelembung dan partikel mineral. Aktivitas ini memerlukan monitoring agar proses berjalan dengan efisien. Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) merupakan teknologi yang mampu memonitor proses searah dengan sumbu aksial yaitu tempat interaksi antara partikel mineral dan gelembung. ECVT berbasis nilai kapasitansi yang mengukur secara volumetrik dan realtime serta kemampuannya sebagai alat yang bersifat nonintrusive dan noninvasive sehingga dinilai lebih relavan. Percobaan telah dilakukan dalam skala laboratorium dengan memvariasikan variabel operasi dosis frother dan laju alir udara. Variasi dosis frother antara lain 10, 20, 30 dan 40 ppm sedangkan untuk laju alir udara yaitu 2-4 L/menit dengan interval 0,5 L/menit. Monitoring dilakukan menggunakan ECVT 32 channel secara realtime. Hasil percobaan menunjukkan bahwa semakin tinggi laju alir dan dosis frother maka recovery akan semakin meningkat (laju alir udara<3 L/menit) selama pada daerah bubbly flow. Sinyal kapasitansi memiliki korelasi positif terhadap recovery, dan citra 3D membuktikan adanya perubahan konsentrasi warna dengan adanya variasi laju alir udara. Peningkatan laju alir udara akan menaikkan distribusi permitivitas sistem yang didominasi oleh udara sehingga menurunkan nilai kapasitansi. Nilai kapasitansi rendah menunjukkan konsentrasi rendah yaitu sistem didominasi warna biru.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOediyani, SoesaptriUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, DidiedUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Flotasi, recovery, ECVT, laju alir udara, frother.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jul 2024 10:27
Last Modified: 23 Jul 2024 10:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39219

Actions (login required)

View Item View Item