Febia Atikasari, Andryyani (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODUL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN KADUMERAK 6. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODUL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN KADUME.PDF Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
This study aims to develop teaching materials of Social Science about the history of money and its module-based modules, and to know the quality of the module as a learning material. he research was conducted at SDN Kadumerak 6 precisely in class III.The research method used in the preparation of this thesis is to use research and development (R & D) method of Sugiyono with concentration at product trial stage and product revision. While the number of research samples used in the preparation of this thesis is 10 students of class III in SDN Kadumerak 6.The data collection techniques used in the preparation of this thesis is by doing observation techniques, questionnaires, free interviews and literature study. Based on the test results of design experts obtained an average value of 93.79% of this can be categorized as "very feasible", based on the results of expert test the material obtained an average value of 83.33% of course this can be categorized "very feasible" and based on The results of the expert test of education (teachers at SDN Kadumerak 6) obtained an average value of 93.75% of this can be categorized as "very feasible". While based on the results of limited trials of 10 students, especially in the material aspect obtained by 97%, presentation aspect obtained by 95.55%, aspect of gained 97.7% obtained it can also be categorized that the results of the trial is limited with the results "very feasible ".While based on the overall feasibility related to the development of instructional materials based on modules on Social Science Subjects, especially on the material "History of Money and Kegunaanya" which has been tested against students and students class III SDN Kadumerak 6 as a whole categorized "very decent" with the average score Obtained is 91,96%.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang sejarah uang dan kegunaanya yang berbasis modul serta untuk mengetahui kualitas modul sebagai bahan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SDN Kadumerak 6 tepatnya pada kelas III. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dari Sugiyono dengan konsentrasi pada tahap uji coba produk dan revisi produk. Sedangkan jumlah sampel penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah 10 orang siswa kelas III di SDN Kadumerak 6. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini yaitu dengan melakukan teknik observasi, penyebaran angket, wawancara bebas dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil uji ahli desain diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,79% hal ini dapat dikategorikan “sangat layak”, berdasarkan hasil uji ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,33% tentunya hal ini dapat dikategorikan “sangat layak” dan berdasarkan hasil uji ahli pendidikan ( para guru di SDN Kadumerak 6 ) diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,75% hal ini dapat dikategorikan “sangat layak”. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas terhadap 10 siswa terutama pada aspek materi diperoleh sebesar 97%, aspek penyajian diperoleh sebesar 95,55%, aspek kegrafikan diperoleh sebesar 97,7% hal ini juga dapat dikategorikan bahwa hasil uji coba terbatas dengan hasil “sangat layak”. Sedangkan berdasarkan kelayakan secara keseluruhan berkaitan dengan pengembangan bahan ajar berbasis modul pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terutama pada materi “ Sejarah Uang dan Kegunaanya “ yang telah diuji cobakan terhadap siswa dan siswi kelas III SDN Kadumerak 6 secara keseluruhan dikategorikan “sangat layak” dengan rata skor yang diperoleh yaitu 91,96%. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 02:44 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3917 |
Actions (login required)
View Item |