Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI YANG MEMUAT SOAL-SOAL LITERASI MATEMATIKA

WIDIASPUTRI, VICI (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI YANG MEMUAT SOAL-SOAL LITERASI MATEMATIKA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI YANG MEMUAT SO.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematika sangat perlu dimiliki oleh siswa. Literasi matematis diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena/kejadian. Literasi matematika membantu seseorang untuk memahami peran atau kegunaan matematika di dalam kehidupan sehari-hari, tetapi hal yang ditemui di lapangan justru kemampuan literasi matematika ini masih sangat rendah, sehingga peneliti berusaha untuk mengatasi dengan mencoba mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual yang memuat soal-soal literasi matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat dan mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar berbasis kontekstual pokok bhasan relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP yang memuat soal-soal literasi matematika. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Research & Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Validasi desain dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli matematika dan ahli pendidikan, berdasarkan uji ahli matematika diperoleh hasil validasi kelayakan sebesar 72% dan ahli pendidikan sebesar 77%. Sedangkan uji coba terbatas dilakukan terhadap 6 orang siswa SMP YUPPENTEK 1 LEGOK, dari hasil uji coba terbatas yaitu penggunaan bahan ajar berbasis kontekstual pada pokok bahasan relasi dan fungsi yang memuat soal-soal literasi matematika mendapat respon yang positif dari siswa dengan total persentase akhir angket sebesar 82 %.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurohman, MamanUNSPECIFIED
Thesis advisorNovaliyosi, NovaliyosiUNSPECIFIED
Additional Information: Kemampuan literasi matematika sangat perlu dimiliki oleh siswa. Literasi matematis diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena/kejadian. Literasi matematika membantu seseorang untuk memahami peran atau kegunaan matematika di dalam kehidupan sehari-hari, tetapi hal yang ditemui di lapangan justru kemampuan literasi matematika ini masih sangat rendah, sehingga peneliti berusaha untuk mengatasi dengan mencoba mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual yang memuat soal-soal literasi matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat dan mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar berbasis kontekstual pokok bhasan relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP yang memuat soal-soal literasi matematika. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Research & Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Validasi desain dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli matematika dan ahli pendidikan, berdasarkan uji ahli matematika diperoleh hasil validasi kelayakan sebesar 72% dan ahli pendidikan sebesar 77%. Sedangkan uji coba terbatas dilakukan terhadap 6 orang siswa SMP YUPPENTEK 1 LEGOK, dari hasil uji coba terbatas yaitu penggunaan bahan ajar berbasis kontekstual pada pokok bahasan relasi dan fungsi yang memuat soal-soal literasi matematika mendapat respon yang positif dari siswa dengan total persentase akhir angket sebesar 82 %.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:42
Last Modified: 28 Oct 2021 02:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3916

Actions (login required)

View Item View Item