Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HANDOUT PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN CIGABUS KECAMATAN TAKTAKAN SERANG - BANTEN

Maulina Iriani, Anita (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HANDOUT PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN CIGABUS KECAMATAN TAKTAKAN SERANG - BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HANDOUT PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN CIGAB KECAMATAN TAKTAKAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Implementation of Unit Level Curriculum (KTSP) can run well needed a learning media, one of which is teaching materials. The teaching materials used can be syllabus assessment system, learning implementation plan (RPP), textbook, student worksheet (LKS). Instructional media that is commonly used by student is Student Worksheet (LKS). The school only uses teaching materials of LKS without any handouts or other supporting books as a handle student. While the Social Science learning is less effective when using one book only. Role of Family Members is one of the subjects in Social Studies lesson. In this material students are required to be able to tell the role changes that occur in family members in everyday life. Form of research was the method of research and development. The design used in the research and development of these materials was adopted from the design model of Borg and Gall. This research aims to; 1) Knowing the development of IPS materials based on Handout, 2) Knowing the need for development of teaching materials at SDN CIGABUS, and 3) Knowing the feasibility of IPS product based on Handout. Development of this instructional material has produced a product of Handout-based teaching materials in class II at SDN CIGABUS District Taktakan Serang-Banten. From the validation of this teaching material proved valid with the average of the material experts validation 90.47% meyatakan very valid, the results of the validation of the design experts 81.61% stated very valid, the validation of education experts 89.50% stated very valid, and the results of class II SDN CIGABUS District Taktakan Serang-Banten 95.99% stated very valid.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Additional Information: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan (KTSP) dapat berjalan dengan baik dibutuhkan suatu media pembelajaran, salah satunya adalah bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan dapat berupa silabus system penilaian, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku ajar, lembar kerja siswa (LKS). Bahan ajar yang disederhanakan biasa dipakai oleh siswa adalah LKS. Sekolah hanya menggunakan bahan ajar LKS tanpa adanya Handout atau buku penunjang lain sebagai pegangan siswa. Sedangkan dalam pembelajaran IPS kurang efektif apabila hanya menggunakan satu buku. Materi Peran Anggota Keluarga merupakan salah satu materi dalam pembelajaran IPS . Pada materi ini siswa dituntut untuk dapat menceritakan perubahan peran yang terjadi dalam anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development). Desain yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar ini mengadopsi dari model desain Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui pengembangan bahan ajar IPS berbasis Handout, 2) Mengetahui kebutuhan akan pengembangan bahan ajar di SDN CIGABUS, dan 3) Mengetahui kelayakan produk bahan ajar IPS berbasis Handout. Pengembangan Bahan ajar ini telah menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis Handout pada kelas II di SDN CIGABUS Kecamatan Taktakan Serang-Banten. Dari hasil validasi bahan ajar ini terbukti valid dengan rata-rata dari validasi ahli materi 90.47% meyatakan sangat valid, hasil validasi ahli desain 81.61% menyatakan sangat valid, hasil validasi ahli pendidikan 89.50% menyatakan sangat valid, dan hasil Ujicoba kelas II SDN CIGABUS Kecamatan Taktakan Serang-Banten 95.99% menyatakan sangat valid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:40
Last Modified: 28 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3915

Actions (login required)

View Item View Item